Rekapitulasi KPU Hari ke-6, Prabowo-Gibran Unggul di Taipei

Prabowo-Gibran unggul dengan 51.706 suara

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei.

Pengesahan suara itu dilakukan dalam rapat pleno rekapitulasi di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2024).

Hasilnya, paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam pemungutan suara di wilayah yang diakomodir oleh PPLN Taipei.

Prabowo-Gibran unggul dengan 51.706 suara. Sedangkan paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, mendapatkan 9.510 suara dan paslon nomor urut satu, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar meraih 3.880 suara.

Sebagaimana diketahui, rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu di Taipei sempat terhenti untuk menyelidiki kejanggalan suara PSI, PDIP, PKS, dan PKB. Rapat PPLN Taipei tersebut sebelumnya digelar hingga Senin (4/3/2024) dini hari. Namun rapat diskors karena ditemukan berbagai kejanggalan.

Suara sejumlah partai terdapat kejanggalan dan salah catat yang menyebabkan selisih jumlah turus dan angka perolehan suara. Ada pula temuan beberapa turus dan perolehan suara yang dibubuhkan di atas tipeks.

Dengan demikian, rekapitulasi suara di luar negeri sudah terkumpul 127 dari total 128 PPLN. Adapun masih tersisa rekapitulasi di wilayah PPLN Kuala Lumpur yang masih harus menggelar pemungutan suara ulang (PSU).

Baca Juga: Hasil Sementara Rekapitulasi Suara di Luar Negeri KPU

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya