Comscore Tracker

Petaka Tahun Baru; 1 Tewas, 10 Dirawat Gara-gara Kue Mochi

Yang suka kue mochi, waspadalah..

Tokyo, IDN Times - Seperti petaka tahunan, kue mochi tahun ini membuat 11 warga di Jepang dirawat ke rumah sakit. Mereka harus mendapatkan perawatan karena tersedak kue tradisional khas Jepang itu saat dimakan di malam pergantian tahun. Delapan dari warga yang dirawat itu berusia di atas 60 tahun. Dari semua korban yang dirawat, satu korban tak tertolong pada Selasa (1/1). Satu warga yang tewas itu merupakan lansia berusia 70 tahunan.

1. Setiap tahun, otoritas Tokyo selalu memberikan imbauan untuk berhati-hati mengonsumsi kue mochi

Petaka Tahun Baru; 1 Tewas, 10 Dirawat Gara-gara Kue Mochijapankyo.com

Dikutip dari Japan Today dan CBS News, karena teksturnya yang kenyal dan lengket, kue mochi menjadi salah satu makanan yang sering memakan korban setiap tahun baru. Sebagai bentuk pencegahan, setiap tahunnya, menjelang liburan tahun baru, Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo memberikan imbauan pada warga untuk memotong kue mochi dalam ukuran kecil. Mereka juga berpesan agar masyarakat tidak terburu-buru menelan mochi karena hal itu bisa membuat para penikmatnya tersedak.

2. Karena tidak bisa mengunyah dengan optimal, lansia dan anak-anak menjadi kalangan yang harus diwaspadai ketika memakan kue mochi

Petaka Tahun Baru; 1 Tewas, 10 Dirawat Gara-gara Kue Mochixulnews.com

Selain mengimbau cara makan yang aman, otoritas terkait juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan anak-anak dan lansia ketika memakan mochi. Karena, lansia dan anak-anak  kesulitan mengunyah dengan baik. 

Imbauan itu selalu disebarkan menjelang tahun baru. Mengingat kue mochi menjadi makanan yang harus ada di malam pergantian tahun. Karena hal itu, hampir setiap tahun juga, ada saja insiden tersedak mochi yang membuat petugas sibuk. Yang paling heboh adalah insiden tersedak mochi di tahun 2001. Dimana seorang wanita akhirnya terpaksa menggunakan vacuum cleaner untuk mengeluarkan kue mochi di tenggorokan ayahnya.

Baca Juga: Gampang Caranya, Resep Membuat Mochi Khas Jepang

3. Teksturnya memang cukup bikin lansia kesulitan

Petaka Tahun Baru; 1 Tewas, 10 Dirawat Gara-gara Kue Mochichicagotribune.com

Kue mochi khas Jepang tidak jauh berbeda dengan kue mochi yang ada di Indonesia. Tekstur kue mochi yang kenyal dan lengket membuat para penikmatnya harus mengunyahnya dengan baik hingga ukurannya kecil sehingga mudah ditelan. Tidak sabar sedikit, mochi bisa saja menyangkut di tenggorokan dan membuat penikmatnya tersedak.

4. Setiap tahunnya hampir pasti ada korban yang tewas karena mochi

Petaka Tahun Baru; 1 Tewas, 10 Dirawat Gara-gara Kue Mochitokyotreat.com

Dikutip BBC, di malam pergantian tahun 2018 silam, ada 2 orang warga di Jepang yang tewas karena tersedak kue mochi. Sebagian lagi mengalami kondisi kritis

Di awal tahun 2015, sedikitnya ada 9 warga yang jadi korban kue mochi. Di tahun 2016, korban kue mochi berkurang menjadi 1 orang. Namun di tahun 2017, 2 orang tewas tersedak mochi. Jadi hati-hati nih kamu yang suka mochi!

Baca Juga: Yuk, Bikin Mizu Shingen Mochi, Kuliner Rendah Kalori dari Jepang

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya