Ditanya Kans Gabung Koalisi Besar, Anies: Memang Ada Tawaran?

Anies tegaskan berada di jalur perubahan

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut satu, Anies Baswedan buka suara usai ditanya soal kans bergabung ke koalisi pemerintahan baru setelah Pilpres 2024.

Berdasarkan data terakhir rekapitulasi nasional di KPU, pasangan capres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya unggul menang di dua provinsi yaitu di Aceh dan Sumatra Barat. Sementara, Paslon 02, Prabowo-Gibran berhasil menyapu bersih 34 provinsi di Indonesia.

Anies menegaskan belum ada tawaran yang diterima untuk bergabung ke dalam pemerintahan baru sampai menjelang pengumuman hasil rekapitulasi nasional di Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU sendiri dijadwalkan akan mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada Rabu (20/3/2024).

“Memang ada tawaran? Memang ada tawaran?” Kata Anies saat ditemui usai menggelar buka bersama Relawan Garda Matahari di Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2024).

Kendati demikian, Anies menegaskan akan berkomitmen untuk terus berada di jalur oposisi. Ia berkomitmen akan selalu berada di jalur perubahan.

“Saya sampaikan saya akan terus berada di garis perubahan itu,” ujar dia.

Anies enggan menjawab apakah sikap yang sama akan diambil oleh wakilnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Ia merupakan Ketua Umum PKB, partai yang selama 10 tahun terakhir ini berada di barisan pemerintah.

“Nanti tanya nya sama Gus Imin, kalau saya kan gak bisa menjawab itu,” ujar dia.

1. Surya Paloh pastikan NasDem berada di oposisi usai pilpres

Ditanya Kans Gabung Koalisi Besar, Anies: Memang Ada Tawaran?Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) menyampaikan dalam waktu dekat akan menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menindaklanjuti hak angket kecurangan pemilu. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh buka suara terkait segala kemungkinan yang akan diambil partainya, pasca-Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk bergabung ke dalam pemerintahan baru atau berdiri sebagai oposisi.

Surya Paloh menegaskan Partai NasDem siap dalam segala hal kemungkinan yang akan terjadi ke depannya. Termasuk siap menjadi partai oposisi pemerintahan.

"Siap? Kita ini siap di all weather saja," kata Paloh kepada wartawan pada Jumat 23 Februari 2024 lalu. 

Baca Juga: Soal Gugatan Hasil Pilpres ke MK, Anies: Tunggu Hasil Resmi KPU

2. Semua keputusan tetap bakal dirundingkan di Koalisi Perubahan

Ditanya Kans Gabung Koalisi Besar, Anies: Memang Ada Tawaran?Elite parpol Koalisi Perubahan setelah rapat dan makan siang bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat. (IDM Times/Amir Faisol)

Namun, Paloh menegaskan, bicara soal posisi Partai NasDem di barisan oposisi atau berbalik di jalur koalisi nantinya, tetap akan dibicarakan dengan dua partai lainnya di Koalisi Perubahan, termasuk dengan pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Diketahui, Partai NasDem memang dianggap menjadi partai di Koalisi Perubahan yang riskan untuk merapat ke dalam pemerintah. Kecurigaan itu diperkuat dengan adanya pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Jokowi beberapa hari lalu.

Sejauh ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya yang merupakan kader NasDem, juga masih berada di Kabinet Indonesia Maju saat NasDem mendukung pasangan Anies-Muhaimin pada Pilpres 2024. 

"Saya akan tanya dulu Mas Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar), kemudian tanya lagi (Presiden PKS Ahmad Syaikhu). Terakhir saya minta pendapat capres kita (Anies Baswedan)," ujar dia sambil menunjuk orang-orang di samping kanan kirinya. 

Baca Juga: Anies Temui Cak Imin di Rumah Dinas: Mau War Takjil di Mana?

3. Surya Paloh ungkap kesamaan tekad Koalisi Perubahan

Ditanya Kans Gabung Koalisi Besar, Anies: Memang Ada Tawaran?Elite parpol Koalisi Perubahan setelah rapat dan makan siang bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat. (IDM Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, Surya Paloh meyakini semua partai politik di barisan Koalisi Perubahan masih dalam satu tekad yang sama, untuk perjalanan kehidupan bangsa ini ke depan.

"Artinya begini, di antara kami semua punya satu kesamaan, satu tekad, satu bahasa, kami ingin berikan yang terbaik untuk perjalanan proses, perjalanan kehidupan kebangsaan kita dengan demokrasi yang tetap terjaga semestinya," kata dia. 

Surya Paloh menegaskan NasDem hingga hari ini masih konsisten berada di jalur perubahan. Hal itu disampaikan Paloh ketika ditegaskan lagi oleh jurnalis terkait kecenderungan sikap NasDem akan berada di jalur perubahan atau tidak.

"Insyaallah barangkali itulah kita harapkan," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya