Kemhan Resmi Dilaporkan ke Bawaslu Soal Tagar Prabowo-Gibran

Koalisi Masyarakat nilai Prabowo pakai fasilitas negara

Jakarta, IDN Times - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih resmi melaporkan dugaan pelanggaran negara yang dilakukan akun media sosial Kementerian Pertahanan (Kemhan), yakni @Kemhan_RI ke Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024). 

Dugaan pelanggaran pemilu itu muncul usai akun X Kemhan, mengunggah cuitan dengan tagar pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 21 Januari 2024, pukul 10.25 WIB. 

"Kami menilai bahwa di situ ada dugaan penggunaan fasilitas negara, yang di mana akun tersebut adalah akun resmi dari Kementerian Pertahanan yang di mana fungsinya adalah bukan untuk mempromosikan atau mengkampanyekan salah satu pasangan calon, akan tetapi menjadi komunikasi publik antara Menteri Pertahanan atau Kementerian Pertahanan atas kerjanya atau informasinya," ujar Advokat Themis Indonesia, Ibnu Syamsu Hidayat, di Bawaslu.

1. Cuitan indikasikan kampanye capres Prabowo

Kemhan Resmi Dilaporkan ke Bawaslu Soal Tagar Prabowo-GibranJaringan Masyarakat Sipil untuk Pemilu Bersih melaporkan dugaan pelanggaran fasilitas negara oleh Capres No 2, Prabowo Subianto ke Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ibnu mengatakan semestinya akun resmi Kemenhan menjadi media komunikasi publik. Penggunaan tagar Prabowo Gibran 2024, dinilainya telah melanggar Pasal 280, Pasal 282, dan Pasal 283, Undang-Undang Pemilu.

"Meski disebut tidak sengaja, cuitan tersebut jelas bermasalah karena mengindikasikan kepentingan kampanye Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden. oleh karena itu kami berharap Bawaslu untuk segera menindaklanjuti itu," kata dia.

Baca Juga: Akun X Kemhan Sempat Cuit Tagar #PrabowoGibran2024, Kok Bisa?

2. Tagar Prabowo Gibran diunggah akun X Kemhan

Kemhan Resmi Dilaporkan ke Bawaslu Soal Tagar Prabowo-GibranCawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres perdana pada Jumat (22/12/2023). (youtube.com/KPU RI)

Akun X mlik Kementerian Pertahanan pada Minggu, 21 Januari 2024 menyertakan tagar #PrabowoGibran2024 saat mengunggah foto kegiatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) di Provinsi Kepulauan Riau. Cuitan itu sempat diunggah sebelum debat capres ronde keempat digelar pada Minggu malam.

Di dalam cuitan yang beredar luas di media sosial, terlihat KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan dua mess dan 22 unit tempat tinggal bagi prajurit TNI di Lanud Raden Sadjad Natuna, Kepulauan Riau pada 18 Januari 2024. Lalu, diikuti tagar #PrabowoGibran2024.

Kepala Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen Adrian Sumantha tak merespons soal ini ketika dikonfirmasi IDN Times. Sementara itu, Menhan Prabowo ketika berkampanye di Majalengka juga enggan menanggapi hal itu.

Belakangan, unggahan dengan tagar #PrabowoGibran2024 telah dihapus. Foto kegiatan itu kembali diunggah tanpa menyertakan tagar tersebut.

3. Admin Kemhan mengaku khilaf

Kemhan Resmi Dilaporkan ke Bawaslu Soal Tagar Prabowo-GibranCuitan admin Kemhan soal kehilafan cuitan tagar #PrabowoGibran2024. (Tangkapan layar Twitter)

Unggahan mengenai tagar #PrabowoGibran2024 itu rupanya disadari warganet. Mereka sempat mengabadikan cuitan tersebut sebelum dihapus. Unggahan itu kemudian dimaknai sebagai sikap yang tidak netral dari instansi pemerintah. 

Lalu, admin platform X Kemhan sempat merespons ramainya cuitan tagar tersebut di akun @Trending_Issue. Admin mengaku khilaf dan cuitan tersebut salah pencet. 

"Halo, siap, kami tetap netral. Maaf yah sepertinya mimin salah pencet, autohashtag. Beritanya juga tentang KSAU. Maafkan khilaf mimin dan sudah buat kegaduhan," demikian cuit admin di balik akun platform X Kemhan pada 21 Januari 2024.  Kemudian cuitan tersebut juga dihapus oleh admin Kemhan.

Baca Juga: Akun X Kemhan Unggah Tagar #PrabowoGibran2024, Istana: Harus Evaluasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya