Ternyata 8 Tahun Lalu Komeng Pernah Bermimpi Jadi Anggota Dewan

Mimpi Komeng jadi anggota dewan bakal jadi kenyataan?

Jakarta, IDN Times - Komedian senior Alfiansyah Bustami Komeng atau lebih dikenal Komeng sementara ini memperoleh suara tertinggi sebagai caleg DPD RI dapil Jawa Barat. Komeng sempat menjadi trending topic pada hari pencoblosan Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu, lantaran gaya fotonya di surat suara yang unik.

Dalam sebuah program TV yang bernama Improvisasi Selibriti, delapan tahun lalu, Komeng pernah melakukan stand up comedy soal keinginannya menjadi anggota dewan. Tentu saja dia menyampaikan dengan konteks komedi. Dia mengungkapkan bagaimana cara berkampanye dengan mengumpulkan modal yang tidak sedikit.

"Jadi, saya ini sebenarnya ingin menjadi anggota dewan. Untuk menjadi anggota dewan, saya perlu modal yang besar. Rumah mau dijual. Emak bapak gak marah, warga gak marah. Eh tetangga marah. Orang rumah dia yang saya jual," canda Komeng, mengundang tawa seisi studio saat itu.  

Baca Juga: Komeng Dominasi Perolehan Suara di Dapil Jawa Barat

1. Timses Komeng sebar foto kampanye ukuran 3x4

Ternyata 8 Tahun Lalu Komeng Pernah Bermimpi Jadi Anggota DewanKomeng dalam program acara Improvisasi Selibriti (Tangkapan Layar Youtube Trasn TV Official)

Dalam video yang tayang pada 2016 tersebut, Komeng juga menyampaikan berbagai strategi berkampanye lainnya, seperti menyebar foto di tempat-tempat publik. 

"Setelah modal ada, saya akan buat timses. Saya minta agar timses menyebar foto kampanye, termasuk di pohon toge. Tapi saat saya keluar rumah untuk kampanye, orang-orang tidak kenal saya. Ini gimana sih pasang foto banyak, saya keluar kok tidak kenal. Ternyata yang dipasang foto 3x4," ucap Komeng, yang kembali membuat tawa penonton.

2. Komeng unggul di 26 kabupaten/kota

Ternyata 8 Tahun Lalu Komeng Pernah Bermimpi Jadi Anggota DewanTangkapan layar situs hitung suara milik KPU memperlihatkan perolehan suara sementara calon anggota DPD dapil Jawa Barat. Komendian Alfiansyah Komeng sementara memimpin. (Dok.IDN Times).

Berdasarkan data real count KPU per Senin (19/2/2024) pukul 12.00 WIB, Komeng tercatat meraih 1.819.188 suara atau 11,9 persen. Perolehan suara calon anggota DPD RI dengan nomor urut 10 tersebut, jauh lebih banyak dibandingkan 53 calon anggota DPD lainnya.

Jarang berkampanye selama masa Pemilu 2024, tetapi berdasarkan hasil quick count situs KPU, pemilu2024.kpu.go.id, Komeng justru unggul di 26 dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Perolehan suara Komeng hanya kalah di Kabupaten Majalengka, dengan calon anggota DPD dapil Jabar nomor urut 8, A Irwan Bola, yang meraih 70.956 suara atau 11,84 persen. Sementara Komeng meraup 61.038 suara atau 10,19 persen.

Baca Juga: Uhuy, Suara Komeng Kalahkan Ganjar-Mahfud di Jawa Barat

3. Komeng ingin memajukan budaya Indonesia ke kancah global

Ternyata 8 Tahun Lalu Komeng Pernah Bermimpi Jadi Anggota DewanTribun Trends

Jika kelak terpilih menjadi anggota DPD dapil Jabar, Komeng bercita-cita ingin Indonesia memiliki Hari Komedi. Komeng juga berjanji akan gencar menghidupkan budaya Indonesia secara global.

Menurut Komeng, budaya dan kesenian Indonesia kurang dimanfaatkan dan diperjuangkan anggota dewan sebelumnya.

“Bagaimana caranya (agar) kita bisa 'menjajah' negara lewat budaya. Kan selama ini kita (Indonesia) 'dijajah' (budayanya) oleh Korea dengan drama Korea, apapun, sampai ke makanannya,” sebut Komeng. 

https://www.youtube.com/embed/b4Uv-7Y2GxQ

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya