Comscore Tracker

Polda Metro Gandeng Rumah Makan Padang Olah 8 Ton Daging Kurban

Polda Metro bagikan daging kurban yang sudah jadi rendang

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya berkurban sebanyak 353 sapi dan 564 kambing pada Idul Adha 1442 Hijriyah. Daging kurban ini nantinya akan dibagikan kepada warga DKI Jakarta yang terdampak pandemik COVID-19. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya akan membagikan daging yang sudah dimasak. Oleh karena itu, Polda Metro menggandeng rumah makan Padang untuk mengolah 8 ton daging kurban untuk dijadikan rendang. 

“Kita bekerja sama dengan beberapa restoran Padang UMKM yang terdampak pandemik yang kecil-kecil yang ada di penjuru Jakarta, ini Mak Ciak sebagai salah satu sesepuh restoran Padang di Jakarta,” kata Fadil di Polda Metro Jaya, Selasa (20/7/2021).

1. Polda Metro gandeng 10 restoran rumah makan Padang

Polda Metro Gandeng Rumah Makan Padang Olah 8 Ton Daging KurbanKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Fadil menjelaskan, setidaknya ada 10 restoran rumah makan Padang menengah ke bawah yang diajak untuk memasak daging kurban menjadi rendang. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemik COVID-19.

“Restoran Padang yang menengah ke bawah bukan yang besar, jadi yang buka di kampung-kampung seperti warteg, para Kapolres yang menentukan tapi juga diinisiasikan oleh Mak Ciak, Mak Ciak ini adalah salah satu pengusaha restoran Padang yang memiliki jaringan,” ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi di Tengah Pandemik

2. Setiap warga yang menerima, akan mendapatkan 800 gram daging rendang dan 5 kilogram beras

Polda Metro Gandeng Rumah Makan Padang Olah 8 Ton Daging KurbanIlustrasi daging kurban (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sore ini, Polda Metro akan membagikan daging yang sudah masak bersama lima kilogram beras bantuan dari pemerintah. Harapannya, daging kurban dan paket bantuan sosial ini akan membatu warga  yang membutuhkan.

“Ini kami olah nanti sore jam 3 kalau sudah masak 8 ton akan kami packing seperti ini, ini isinya 800 gram rendang, sekaligus nanti bersama beras pembagian dari pemerintah yang diperintahkan oleh bapak presiden, setiap masyarakat 5 kg (beras) yang kemarin sudah kita bagi,” ujar Fadil.

3. Daging kurban dan beras akan dibagikan dari pintu ke pintu

Polda Metro Gandeng Rumah Makan Padang Olah 8 Ton Daging KurbanIlustrasi daging kurban (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain masyarakat umum, Polda Metro juga menargetkan warga DKI Jakarta yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman). Nantinya, personel dari Polda Metro akan membagikan dari pintu ke pintu untuk mengurangi kontak fisik.

“Jadi ibadah jalan, protokol kesehatan jalan, kemudian dampak ekonominya kepada UMKM restoran Padang juga bisa didapatkan, penjualan rempah-rempah dan bumbu ini juga kan di pasar-pasar rakyat, saya kira luar biasa ini pemikiran para anggota Polda Metro yang membantu konsep ini dan saya sangat mendukung ini,” kata Fadil.

Baca Juga: Penerimaan Hewan Kurban BUMD DKI RPH Dharma Jaya Naik 30 Persen

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya