Ganjar Sebut Mahasiswa Miskin Kini Direpotkan Pinjol Agar Bisa Kuliah

Ganjar sempat berdialog dengan mahasiswa soal keresahan ini

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan mahasiswa miskin saat ini sedang direpotkan dengan pinjaman online (pinjol) agar mereka bisa terus berkuliah.

"Berikanlah kepada para mahasiswa kita proporsi kita yang benar, kenapa Ganjar-Mahfud punya program satu keluarga miskin satu sarjana? Agar mereka tidak direpotkan pada persoalan ini, ikhtiar para mahasiswa agar bisa terus kuliah ada ngutang dan pinjol ternyata dan kami berdiskusi beberapa waktu lalu dengan para mahasiswa di Jogja, ini menjadi cerita utama," ujar Ganjar di debat kelima Capres 2024 di Jakarta Convention Center, Minggu (4/2/2024).

Ganjar kemudian menceritakan pengalaman kerjanya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah yang menciptakan SMK gratis bagi siswa miskin.

"Kalau mau berbagi, saya di Jawa tengah kenapa saya cari keluarga miskin agar anaknya bisa sekolah langsung kerja, kami mulai dari SMK karena alhamdulillah kami mampu untuk meng-cover itu, ada SMK Jateng mereka sekolah tiga tahun dan lulus, kami ingin tingkatkan ini ke mana? ke perguruan tinggi, agar mereka bisa lebih jauh lagi," kata dia.

Ganjar menyebut, apabila hal itu bisa dilakukan, anak yang berasal dari keluarga miskin bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Agar ruang publik kehadiran negara, khususnya dalam bidang pendidikan ini lah yang bisa kita hadirkan kepada mereka , hari ini yang kita tuju adalah berpihak apakah yang miskin, apakah kelompok perempuan, apakah kelompok disabilitas. Sehingga, mereka mendapatkan akses pendidikan tinggi dengan murah," imbuhnya.

Baca Juga: Ganjar ke Prabowo: Hebatnya Internet Bagus, Jejak Digital Tidak Hilang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya