Istana Tegaskan Jokowi Kunker ke Jateng Tak Ada Kaitan Pilpres 2024

Prabowo-Gibran juga diagendakan kampanye di Jateng

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, hari ini, Senin (21/1/2024), melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Salatiga, Jawa Tengah. Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga dijadwalkan berkunjung ke sejumlah titik di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menegaskan kunjungan kerja Jokowi ke Jawa Tengah itu tak ada kaitannya dengan kampanye Pilpres 2024.

"Ya kampanye terjadi di seluruh tempat di Indonesia, kan. Jadi kita tahu bahwa kunjungan kerja presiden itu sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pemilu. Ini terkait dengan memastikan program-program prioritas, termasuk program Indonesia Sehat, Indonesia Pintar itu terlaksana," ujar Ari di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (21/1/2024).

Baca Juga: Jokowi Kunker ke Salatiga Ditemani Iriana, Bagi Bansos dan Kunjungi RSUD

1. Tujuan Jokowi kunker ke Jawa Tengah

Istana Tegaskan Jokowi Kunker ke Jateng Tak Ada Kaitan Pilpres 2024Presiden Jokowi kunjungi RSUD Salatiga (dok. Sekretariat Presiden)

Ari menjelaskan, tujuan Jokowi kunjungan kerja ke Jawa Tengah untuk menyalurkan program perlindungan sosial yang sudah dibuat sejak periode pertama menjadi presiden.

"Kita tahu bahwa desain kebijakan sosial yang dibangun oleh Bapak Presiden, itu kan menyangkut juga penguatan SDM, di dalamnya ada kesehatan. Hari ini beliau melihat lagi bagaimana pelayanan rumah sakit, terutama untuk KIS, BPJS. itu program yang sudah dari periode pertama beliau canangkan," kata dia.

Baca Juga: Usai Debat Keempat, Mahfud Berikan Pujian untuk Presiden Jokowi

2. Ditemani Iriana, Jokowi kunker ke Salatiga

Istana Tegaskan Jokowi Kunker ke Jateng Tak Ada Kaitan Pilpres 2024Presiden Jokowi ditemani Iriana Jokowi kunker ke Salatiga (dok. Sekretariat Presiden)

Diketahui, Presiden Jokowi kembali ditemani Ibu Negara, Iriana Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja (kunker). Hari ini, Senin (22/1/2024), Presiden Jokowi dan Iriana kunker ke Salatiga, Jawa Tengah.

Agenda pertama yang dilakukan Jokowi dan Iriana berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkar, Salatiga samgil membagikan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada masyarakat yang berhak menerima.

"Hari ini adalah hari pertama bantuan pangan kita bagikan, ibu-ibu sudah dapat semua yang 10 kilo? tanya Jokowi.

3. Bantuan CBP diberikan hingga Maret 2024

Istana Tegaskan Jokowi Kunker ke Jateng Tak Ada Kaitan Pilpres 2024Presiden Jokowi ditemani Iriana Jokowi kunker ke Salatiga (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, bantuan CBP itu diberikan hingga Maret 2024. Jokowi menyebut, bantuan serupa juga akan diberikan pemerintah hingga Juni 2024.

Bantuan akan menyesuaikan dengan kondisi APBN yang tersebut.

"Kita berdoa bersama, semoga APBN kita kuat. Sehingga, bisa terus dilakukan," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya