Deretan Hakim Konstitusi hingga Tim Pembela 3 Paslon untuk PHPU di MK

Tim hukum dari tiga kubu siap bertarung di MK

Jakarta, IDN Times - Kedua pemohon Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yakni paslon nomor 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menjalani sidang perdana, Rabu (27/3/2024).

Kedua kubu sama-sama meminta Mahkamah Konstitusi (MK) agar Prabowo-Gibran didiskualifikasi. Selain itu, mereka meminta hakim konstitusi agar digelar pemungutan suara ulang (PSU) tanpa Prabowo-Gibran.

Sesuai jadwal, MK akan menggelar sidang lanjutan dengan agenda mendengar jawaban Pihak Terkait, yakni kubu Prabowo-Gibran dan juga Termohon pada Kamis (28/3/2024) mulai pukul 13.00 WIB.

MK punya waktu untuk memutuskan PHPU Pilpres 2024 selama 14 hari sejak pendaftaran sengketa. Berikut deretan hakim yang menyidangkan gugatan sengketa Pilpres 2024, beserta tim hukum dari ketiga paslon.

Berikut deretan hakim konstitusi dan pentolan tim hukum ketiga paslon.

Baca Juga: Yusril: Keterangan 01 dan 03 di MK Kebanyakan Narasi, Kurang Bukti

1. Daftar hakim konstitusi yang menyidang PHPU Pilpres 2024

Deretan Hakim Konstitusi hingga Tim Pembela 3 Paslon untuk PHPU di MKMantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman. (IDN Times/Muhammad Ilman Nafi'an)

Sidang PHPU Pilpres 2024 digelar secara pleno. Sebagaimana amanat putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) ad hoc, Hakim Konstitusi Anwar Usman dipastikan tidak akan ikut terlibat dalam persidangan PHPU.

Sedangkan, Hakim Konstitusi Arsul Sani dipastikan ikut menangani sidang sengketa hasil Pilpres 2024, selama tidak ada keberatan yang diajukan para pihak yang bersidang. Arsul merupakan politikus senior PPP, di mana pada Pilpres 2024 partainya mendukung paslon 03 Ganjar-Mahfud. 

Dengan demikian, sidang PHPU Pilpres 2024 ditangani delapan hakim konstitusi. Yaitu, Ketua MK Suhartoyo, Wakil Ketua MK Saldi Isra, Hakim Konstitusi Arief Hidayat, Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih, Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P Foekh, Hakim Konstitusi M Guntur Hamzah, Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur dan Hakim Konstitusi Arsul Sani.

2. Deretan tim hukum Anies-Muhaimin

Deretan Hakim Konstitusi hingga Tim Pembela 3 Paslon untuk PHPU di MKTim hukum AMIN usai menyampaikan pokok permohonan di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (27/3/2024). (IDN Times/Santi Dewi)

Advokat Ari Yusuf Amir dipercaya sebagai Ketua THN Anies-Muhaimin. Ari merupakan advokat sekaligus pendiri Ail Amir & Associates.

Ari dibantu sederet pengacara kondang di antaranya Ketua MK periode 2013-2015 Hamdan Zoelva. Lalu, Bambang Widjojanto, mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga seorang advokat.

Pengacara yang juga Ahli Hukum Tata Negara Universitas Tarumanegara, Refly Harun, juga menjadi bagian tim hukum Anies-Muhaimin. Kemudian, Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainuddin Paru, dan Ahmad Yani yang merupakan Ketua Umum Partai Masyumi.

Ketua DPP Partai NasDem yang juga Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari juga turut membantu kubu AMIN. Ada juga mantan Kabaraskrim Komjen Pol (Purn) Susno Duadji, Jaksa Agung periode 2014-2019 Muhammad Prasetyo, politikus PKS Eggi Sudjana, serta pengacara senior Hotma Sitompul.

 

3. Deretan tim hukum Prabowo-Gibran

Deretan Hakim Konstitusi hingga Tim Pembela 3 Paslon untuk PHPU di MKKetua Tim Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra usai sidang PHPU di MK pada Rabu (27/3/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Tim hukum Prabowo-Gibran berjumlah 45 orang yang diketuai pengacara kondang Yusril Ihza Mahendra. Selain Yusril, ada juga pengacara senior Otto Hasibuan yang bertindak sebagai wakil ketua.

Pengacara kondang lainnya yang tergabung dalam tim hukum Prabowo-Gibran adalah Hotman Paris Hutapea dan OC Kaligis. Tak ketinggalan, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman, serta anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat sekaligus anggota Komisi III DPR RI Hinca Pandjaitan.

Ada juga dosen Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Fahri Bachmid, yang menjabat sebagai wakil ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, serta sejumlah advokat profesional lainnya.

Baca Juga: Anies ke MK: Peristiwa Ini Jangan Dibiarkan Lewat Tanpa Dikoreksi

4. Deretan tim hukum Ganjar-Mahfud

Deretan Hakim Konstitusi hingga Tim Pembela 3 Paslon untuk PHPU di MKAdvokat senior Todung Mulya Lubis (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Tim hukum dari kubu Ganjar-Mahfud juga tak kalah hebat. Sederet nama-nama tenar pun dilibatkan. Tim hukum yang diberi nama Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) ini dipimpin ahli hukum Todung Mulya Lubis, yang juga menjabat Deputi Bidang Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Todung juga dibantu sederet advokat ternama di antaranya pengacara yang juga politikus senior PDIP Henry Yosodiningrat dan Ronny Talapessy. Pengacara senior lainnya, Maqdir Ismail, juga terlibat dalam tim hukum Ganjar-Mahfud.

Tak hanya itu, tim hukum Ganjar-Mahfud juga melibatkan Ketua Komnas HAM periode 2007-2012 yang juga advokat, Ifdhal Kasim, serta advokat Finsensius Mendrofa.

Baca Juga: Todung: Pelanggaran Pemilu karena Ambisi Jokowi Menangkan Prabowo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya