Tom Lembong Disebut Gibran di Debat, Anies: Mungkin Ada yang Kangen

Gibran ledek Cak Imin dapat contekan dari Tom Lembong

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan ikut angkat bicara ketika Co-Captain Timnas AMIN, Tom Lembong ikut disebut-sebut oleh Gibran Rakabuming Raka. Menurut Anies, mungkin Gibran kangen dengan mantan Menteri Perdagangan itu.

"Ya, mungkin itu ada kangen sama Tom,"ujar Anies usai kampanye di Bekasi, Jawa Barat pada Senin (22/1/2024).

Ia menambahkan Tom dulu merupakan penulis pidato Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika ia masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ketika Jokowi terpilih jadi RI-1, Tom kemudian diangkat menjadi Mendag.

"Tom itu dulu penulis pidato. Tanyain aja berapa kali nulis pidato (untuk Jokowi)," katanya lagi.

Nama Tom disebut-sebut Gibran ketika ia sedang melempar pertanyaan bagi Muhaimin Iskandar di debat pada Minggu kemarin. Gibran menilai input dari Tom Lembong bahwa nikel bukan lagi komoditas yang diburu sebagai bahan baku mobil listrik, tidak tepat.

Apa respons Tom ketika namanya ikut-ikutan disebut dalam debat?

Baca Juga: Harta Kekayaan Thomas Lembong yang Jadi Co-Captain AMIN

1. Tom akui selama tujuh tahun buat contekan bagi Jokowi

Tom Lembong Disebut Gibran di Debat, Anies: Mungkin Ada yang KangenCo-captain tim AMIN, Tom Lembong saat mendampingi Anies Baswedan berkampanye. (www.instagram.com/@tomlembong)

Sementara, Tom ketika namanya disebut justru sedang ikut memantau jalannya debat dan menjadi narasumber di stasiun CNBC TV. Ia pun mengapresiasi namanya disebut beberapa kali oleh Gibran di debat. Padahal, ia tidak ikut hadir di barisan timses AMIN.

Ia pun mengakui selama tujuh tahun membuat contekan dan pidato bagi Jokowi. "Saya bisa mendeteksi sebuah rasa rindu bahwa saya tidak lagi di situ untuk memberikan masukan-masukan berkualitas," ujar Tom sambil tersenyum pada Minggu malam kemarin.

Sementara, saat ini Anies-Muhaimin yang menerima manfaat kehadirannya di timnas. "Saya harus garis bawahi bahwa saya hanya muka publik dari sebuah tim yang luar biasa," kata dia lagi.

Baca Juga: Anies: Kalau Substansi Debat Kuat, Gak Perlu Banyak Atraksi

2. Tom Lembong bocorkan isi Timnas AMIN mayoritas diisi anak muda cemerlang

Tom Lembong Disebut Gibran di Debat, Anies: Mungkin Ada yang KangenInstagram Tom Lembong

Lebih lanjut, Tom membocorkan isi dari Timnas AMIN yang didominasi anak-anak muda yang cerdas serta cemerlang. "Mungkin yang dilihat oleh publik adalah saya. Tapi, sesungguhnya ini adalah team work yang membanggakan. Mereka juga yang memberikan substansi dan materi kepada Pak Muhaimin," kata dia.

Ia menambahkan alih-alih menyampaikan ke publik optimistis, justru yang harus dibangun adalah sikap realistis. "Jadi, yang disampaikan harus berupa fakta dan data," tutur dia lagi.

Ia juga menyebut Anies dan Muhaimin tidak anti terhadap hilirisasi komoditas tambang. Tom pun mengingatkan bahwa bila harga komoditas nikel anjlok, malah Indonesia yang dirugikan.

Sementara, ketika ia dituduh menyebarkan kebohongan publik, Tom mengklarifikasi pernyataan Gibran di debat pada Minggu kemarin. "Kalau di program podcast itu, yang saya katakan adalah seluruh mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok, menggunakan baterai LFP," katanya.

3. Cak Imin sudah telepon Tom Lembong

Tom Lembong Disebut Gibran di Debat, Anies: Mungkin Ada yang KangenCawapres Muhaimin Iskandar usai menuntaskan debat ronde keempat di JCC. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar mengaku bahwa ia sudah menghubungi Tom Lembong. Pria yang akrab disapa Cak Imin itu justru bingung mengapa nama Tom ikut ditarik-tarik di dalam debat.

"Ya, saya bilang 'apa hubungannya Anda ditarik-tarik di sini.' Dia bilang 'saya juga gak tahu ini tiba-tiba narik kita.' Tapi, Tom Lembong ini tujuh tahun lah melayani Pak Jokowi sebetulnya," tutur dia lagi.

Baca Juga: Kampanye di Bekasi, Anies Harap Bisa Raup 80 Persen Suara di Jabar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya