Comscore Tracker

Gibran-Kaesang Dilaporkan ke KPK, Moeldoko: Gimana Sih Negara Ini?

Moeldoko minta masyarakat jangan mudah judgement

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menanggapi tentang kedua anak Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Moeldoko meminta masyarakat tidak cepat menghakimi mereka begitu saja.

“Jangan mudah sekali memberikan judgement bahwa seolah-olah anak pejabat itu negatif. Anak pejabat itu gak boleh kaya, anak pejabat itu gak boleh berusaha. Ini gimana sih?” kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep Dilaporkan ke KPK

1. Moeldoko minta masyarakat beri kesempatan bagi anak-anak pejabat

Gibran-Kaesang Dilaporkan ke KPK, Moeldoko: Gimana Sih Negara Ini?Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Moeldoko menuturkan, sepanjang usaha anak pejabat tersebut baik-baik saja, maka itu menjadi hal biasa. Sehingga ia meminta masyarakat memberikan kesempatan kepada mereka.

“Jadi beri kesempatan. Semua orang memiliki kesempatan untuk mengembangkan dirinya dengan baik. Jangan orang lain gak bisa bertumbuh, gak boleh bertumbuh. Gimana sih negara ini?” ucap dia.

2. Dugaan berawal dari perusahaan PT SM jadi tersangka pembakaran hutan pada 2015

Gibran-Kaesang Dilaporkan ke KPK, Moeldoko: Gimana Sih Negara Ini?instagram.com/kaesangp

Sebelumnya, dua putra Jokowi, Gibran dan Kaesang, dilaporkan ke KPK oleh aktivis 98 yang menjadi dosen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, atas dugaan tindak pidana pencucian uang.

Ubedilah menjelaskan, laporan ini berawal pada 2015 ketika sebuah perusahaan bernama PT SM menjadi tersangka pembakaran hutan, dan sudah dituntut Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) sebesar Rp7,9 triliun. Mahkamah Agung (MA) mengabulkan tuntutan Rp7,8 miliar.

"Itu terjadi pada Februari 2019, setelah anak presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SM," kata dia.

Baca Juga: Profil Ubedilah Badrun yang Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK

3. PT SM disebut dapat suntikan dana dari Gibran dan Kaesang

Gibran-Kaesang Dilaporkan ke KPK, Moeldoko: Gimana Sih Negara Ini?Gibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menurut Ubedilah, mustahil perusahaan baru mendapat suntikan dana penyertaan modal dari perusahaan ventura yang juga berjejaring dengan PT SM. Dia mengatakan ada dua kali kucuran dana dalam waktu dekat.

"Angkanya kurang lebih Rp99,3 miliar dalam waktu yang dekat. Dan setelah itu kemudian anak presiden membeli saham di sebuah perusahaan yang angkanya juga cukup fantastis Rp92 miliar,” ujar dia.

“Itu bagi kami tanda tanya besar, apakah seorang anak muda yang baru mendirikan perusahaan dengan mudah mendapatkan penyertaan modal dengan angka yang cukup fantastis, kalau dia bukan anak presiden," sambung Ubedilah.

Dalam laporannya, Ubedilah melampirkan sejumlah bukti. Bukti-bukti yang dilaporkan di antaranya dokumen perusahaan dan bukti berupa pemberitaan penyertaan modal dari ventura.

"Kemudian kita lihat di perusahaan-perusahaan yang dokumennya rapi itu, memang ada tokoh-tokoh yang tadi saya sebutkan," jelas dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya