[BREAKING] Haji Lulung, Pria Asli Tanah Abang Rival Ahok Itu Telah Tiada

Haji Lulung dan Ahok kerap berselisih paham

Jakarta, IDN Times - Nama Abraham Lunggana alias Haji Lulung, sudah malang melintang di kancah perpolitikan Tanah Air, khususnya DKI Jakarta. Namun, pria asal Tanah Abang, Jakarta Pusat itu terkenal lantaran sering berseteru dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, pada saat masih berkantor di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Haji Lulung dan Ahok kerap berselisih paham dan saling lempar tudingan di media. Salah satu yang paling fenomenal adalah perseteruan Ahok vs Haji Lulung soal Tanah Abang, ketika Ahok menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 2013 lalu.

Saat itu, Ahok menyebut ada mafia Tanah Abang yang jadi biang kerok banyak PKL yang tak mau direlokasi. Mendengar penyataan Ahok tersebut, emosi Lulung tersulut. Ia lantas mendesak Ahok untuk memeriksa kesehatan jiwanya.

“Ahok bilang, ada oknum DPRD bermain di Tanah Abang, sekarang saya bilang, saya jawab nih, Wakil Gubernur harus diperiksa kesehatan jiwanya. Karena selama ini ngomongnya selalu sembarangan," ujar Lulung pada Juli 2013 lalu.

Seteru Ahok dan Haji Lulung tak berhenti sampai di situ. Haji Lulung pernah melemparkan kritiknya terhadap Ahok terkait audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2014 lalu.

Menurut laporan audit itu, ditemukan bahwa ada kerugian negara terkait pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras senilai Rp191 miliar.

Saat Ahok dipenjara akibat kasus penistaan agama, Lulung sempat mengungkapkan niat untuk menjenguk mantan ‘rival’ sekaligus koleganya itu di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun, hal itu urung ia lakukan lantaran tensi politik yang masih memanas setelah Pilgub DKI pada 2017 lalu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya