Mahfud Ingin Beri Contoh Tak Pakai Fasilitas Negara Saat Jadi Cawapres

Mahfud ingin beri contoh kepada paslon lain

Jakarta, IDN Times - Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD mengungkapkan alasan belum mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Mahfud ingin memberi contoh kepada kontestan lainnya.

Mahfud mengungkap alasannya tak langsung mundur setelah mendapat saran dari pasangannya, Ganjar Pranowo. Secara aturan, menteri yang mencalonkan diri di pilpres tak perlu mundur dari jabatannya.

"Saya juga ingin memberi contoh kalau saya ini menjadi calon wakil presiden, apakah saya masih menggunakan kedudukan saya untuk memanfaaatkan fasilitas negara atau tidak," ujar Mahfud dalam acara Tabrak Prof! yang disiarkan di kanal YouTube Mahfud MD Official, Selasa (23/1/2024).

Mahfud memastikan tak pernah menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik. Hal itu terbukti selama tiga bulan terakhir resmi menyandang status sebagai cawapres.

"Ini saya sudah tiga bulan saya lakukan, saya tidak pernah menggunakan fasilitas negara saya masih berkantor di Polhukam secara rutin, semua tugas-tugas, surat-surat masuk pasti selesai tidak kurang dari seminggu," tegasnya.

Oleh sebab itu, Mahfud menekankan kepada pemerintah daerah agar tidak menyambut dirinya saat berkampanye ke berbagai wilayah.

"Meskipun saya cawapres dan saya minta dengan pemerintah daerah yang kenal baik dengan saya, jangan menjemput saya ketika saya ke daerah, karena saya tidak mau menggunakan jabatan saya itu menggunakan fasilitas pemerintahan," ungkap dia.

Mahfud berharap, etika politik dan kepemimpinan yang ditunjukkannya itu bisa menjadi contoh bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden lain.

"Maksud saya ini agar ditiru oleh yang lain, calon presiden, calon wakil presiden. Jangan mau dijemput pejabat daerah, jangan mau diantar, didampingi, hanya minta pengamanan saja kepada polisi," imbuh dia.

Baca Juga: Alasan Mahfud MD Tidak Mundur dari Kursi Menteri Jokowi Saat Ini

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Kami Tidak Ingin Melanjutkan Food Estate

Baca Juga: Ada Niat Mundur, Ini Alasan Mahfud Belum Kirim Surat Resign ke Jokowi

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya