Survei TBRC: Prabowo-Gibran Elektabilitas Penuhi Satu Putaran

Faktor utamanya karena Prabowo-Gibran tawarkan keberlanjutan

Jakarta, IDN Times - Survei Timur Barat Research Center (TBRC) merilis elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) 2024.

Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka potensial tembus satu putaran pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Baca Juga: Gelar Nobar Debat Cawapres, TKN: Penampilan Gibran Sempurna

1. Elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 50,2 persen

Survei TBRC: Prabowo-Gibran Elektabilitas Penuhi Satu PutaranPrabowo-Gibran diarak jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo mengatakan, dalam pertanyaan tertutup jika pilpres digelar hari ini, Prabowo-Gibran dipilih sebanyak 50,2 persen. Disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dipilih sebanyak 28,8 persen.

"Kemudian pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dipilih sebanyak 17,2 persen. Sedangkan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen," kata dia dalam keterangannya, Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Buka Debat, Cak Imin Sindir Food Estate Prabowo yang Abaikan Petani

2. Kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi tinggi

Survei TBRC: Prabowo-Gibran Elektabilitas Penuhi Satu PutaranPresiden Jokowi dan Ketum PSSI pantau TC Timnas di IKN. (dok. PSSI)

Johanes juga menyampaikan, dalam survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi, mayoritas responden mengaku puas. Tingkat kepuasan terhadap Jokowi masih terbilang tinggi.

"Dalam survei ini juga diukur persepsi masyarakat untuk menilai kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan jawaban dari 1984 responden sebanyak 78,1 persen puas dengan kinerja Presiden Jokowi dan sebanyak 17,6 persen tidak Puas dan sebanyak 4,3 persen tidak menjawab," kata dia.

Sebanyak 68,8 persen responden menginginkan keberlanjutan program-program yang selama ini dijalankan oleh pemerintahan Jokowi oleh capres dan cawapres yang terpilih nanti.

Lalu, sebanyak 20,1 persen menginginkan perubahan dari program-program Jokowi, terutama menyangkut program-program yang kurang efektif dan tidak banyak bermanfaat bagi rakyat dan dibiayai oleh utang. Namun sebanyak 11,1 persen tidak memberikan pendapat.

Baca Juga: Prabowo Ngaku Bangga dengan Penampilan Gibran di Debat Keempat

3. Elektoral Prabowo-Gibran satu putaran sejalan dengan kampanye keberlanjutan

Survei TBRC: Prabowo-Gibran Elektabilitas Penuhi Satu PutaranBakal calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman).

Menurut Johanes Romeo, tingginya tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran yang melebihi 50 persen pada pertanyaan tertutup memiliki hubungan dengan visi misi yang dikampanyekan oleh Prabowo-Gibran yang akan melanjutkan program Jokowi jika terpilih.

"Dan dari hasil survei ini menunjukan pasangan Prabowo-Gibran akan memenangi Pilpres 2024 dengan satu putaran ," ucap dia.

Survei ini diketahui dilakukan pada periode 30 Desember 2023 sampai 8 Januari 2024. Untuk mengukur tingkat keterpilihan pasangan capres-cawapres pada pilpres 2024. Survei ini mengunakan sampel sebanyak 1984 responden dari 389 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi.

Sampel responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Hasil survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Senada dengan Johanes, pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta Bambang Arianto menilai bahwa hasil survei TBRC yang mengunggulkan pasangan Prabowo - Gibran merupakan sosok yang lebih dipilih oleh masyarakat karena dianggap layak untuk meneruskan program Jokowi.

"Unggulnya Prabowo-Gibran di survei TBRC karena mereka sosok yang di pilih masyarakat sebagai penerus program Jokowi selanjutnya," kata Bambang.

Selain itu, adanya Gibran dianggap menjadi daya tarik para kaum muda atau kalangan gen Z. Bambang menyampaikan, Gibran mampu menggaet suara pemilih muda sebagai pemilih mayoritas.

"Gibran itu mewakili para generasi muda atau gen Z yang maju di Pilpres 2024," ucap Bambang.

Bambang mengungkapkan bahwa masyarakat melihat sosok Gibran adalah Jokowi sehingga para pendukung setia Jokowi lebih memilih Prabowo-Gibran ketimbang kandidat capres lainnya.

"Masyarakat melihat Gibran adalah sebagai sosok Jokowi, ini yang membuat pendukung setia Jokowi memilih pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran untuk Pilpres 2024," ungkapnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya