Media Asing Soroti Visi Prabowo Perkuat Pertahanan Keamanan Indonesia

Prabowo diwawancara oleh media asing Newsweek

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan RI sekaligus calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengatakan bahwa meningkatkan keamanan Indonesia adalah salah satu poin penting yang ia usung dalam pemilu tahun ini.

“Ya, meningkatkan keamanan adalah salah satu poin penting saya. Saya telah menunjukkan komitmen saya terhadap pasukan militer dan keamanan yang dikelola dengan baik. Tentu saja ini akan terus berlanjut. Investasi dalam kapasitas dan kemampuan serta modernisasi angkatan bersenjata dan pasukan keamanan juga diperlukan,” kata Prabowo, dikutip dari Newsweek, Sabtu (27/1/2024).

“Tentu saja kita memerluka militer yang kuat dan siap dan mampu mempertahankan setiap inci wilayah kita dan menghadapi tantangan keamanan di zaman ini. Tapi apakah itu cukup apabila kita tidak bisa menjamin kemandirian pangan, energi dan air? Saya kira tidak demikian,” tutur Prabowo.

Baca Juga: Bos Bulog Buka Suara soal Beras SPHP Ditempeli Stiker Prabowo-Gibran

1. Pembangunan negara yang utama

Media Asing Soroti Visi Prabowo Perkuat Pertahanan Keamanan IndonesiaGibran dan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga calon presiden Prabowo Subianto (dok Humas Prabowo)

Selain itu, Prabowo juga mengatakan bahwa sumber daya manusia Indonesia harus ditingkatkan, terutama untuk mengentaskan kemiskinan.

“Apa itu cukup? Apakah hal tersebut akan berkelanjutan jika kita tidak memperluas basis industri kita, jika kita tidak berinvestasi pada SDM kita, dalam mengentaskan mereka dari kemiskinan, menyediakan mereka pendidikan dan kesehatan serta peluang, jika kita tidak meningkatkan relasi masyarakat kita dengan memupuk keharmonisan antarnegara, semoga kelompok etnis dan agama?” ungkap Prabowo lagi.

2. Visi keamanan ala Prabowo

Media Asing Soroti Visi Prabowo Perkuat Pertahanan Keamanan IndonesiaMenhan Prabowo Subianto usai dampingi Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan ke Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Prabowo juga menuturkan bahwa visi keamanan yang diusungnya, lebih luas dan ambisius dibanding dengan persoalan investasi angkatan bersenjata dan pasukan kemanan.

“Saya percaya bahwa jalan kita menuju Indonesia yang benar-benar aman dan kuat adalah melalui pembangunan negara kita dan kesejahteraan rakyat kita serta kekuatan masyarakat kita,” ucap dia.

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran Sebut Gerakan Empat Jari Bentuk Kepanikan

3. Dukungan rakyat ke Prabowo-Gibran makin meningkat

Media Asing Soroti Visi Prabowo Perkuat Pertahanan Keamanan IndonesiaTiga pasangan capres dan cawapres usai ambil nomor urut di KPU, Selasa (14/11/2023) (YouTube/KPU RI)

Di sisi lain, Prabowo percaya bahwa rakyat Indonesia bisa memilah dan memilih berdasarkan visi-misi dari para capres dan cawapres.

“Itulah sebabnya setiap jajak pendapat menunjukkan dukungan rakyat terhadap saya dan Gibran semakin meningkat dari minggu ke minggu seiring makin dekatnya pemilu,” tuturnya.

“Masyarakat Indonesia tahu bahwa saya adalah orang yang menepati janji. Mereka tahu bahwa saya melakukan apa yang saya katakan karena punya kesempatan untuk melihat lewat peran saya sebagai Menhan saat ini. Mereka tahu bahwa saya akan berjuang mati-matian untuk menerapkan setiap usulan kebijakan dan setiap inisiaitf untuk membuat para rakyat lebih aman, memberi akses kesehatan, pendidikan dan pekerjaan serta menjamin masa depan bagi mereka,” katanya.

Baca Juga: Komika Panji Buat Video Terbuka Bagi Jokowi: Bilang Aja Dukung Prabowo

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya