PPP Bakal Putuskan Merapat ke Gerindra di Mukernas Partai

PPP belum putuskan gabung Gerindra

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara merasa terhormat bila Capres Terpilih Prabowo Subianto mau sowan ke PPP usai pemilihan umum (pemilu) 2024.

Namun, Amir mengaku belum menerima informasi resmi kapan rencana Prabowo mau sowan ke PPP. Setelah ditetapkan sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) 2024, Prabowo memang melakukan safari politik ke sejumlah partai, antara lain NasDem dan PAN.

“Kita akan merasa terhormat kalau itu sampai terjadi, tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi terkait hal itu secara resmi ya," kata Amir di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: PPP Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran di Tengah Upaya Gugat ke MK

1. PPP masih kaji untuk berkoalisi dengan Gerindra

PPP Bakal Putuskan Merapat ke Gerindra di Mukernas PartaiKetua Fraksi PPP DPR RI, Amir Uskara (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua Fraksi PPP DPR RI itu menyampaikan, pihaknya masih menimbang untuk memutuskan bergabung ke dalam pemerintah atau tidak.

Menurut dia, PPP memiliki mekanisme untuk memutusan menjadi oposisi atau berkoalisi dengan Gerindra usai pemilu 2024 nanti. Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh PPP ketika mau berkoalisi bersama PDIP pada pemilu 2024 lalu.

Amir mengatakan, PPP dalam waktu dekat ini akan menggelar musyawarah kerja nasional (Mukernas). Namun, ia belum merinci kapan PPP akan menggelar Mukernas.

Dia mengatakan, keputusan untuk bergabung dengan Gerindra akan dibahas lebih dulu oleh pengurus harian untuk selanjutnya bisa saja akan diputuskan di dalam Mukernas PPP.

“Kita akan lihat karena memang ppp akan mengagendakan salah satunya ity mukernas cm kita belum tahu kapan,” kata dia.

2. Elite PPP dan Gerindra sudah saling jalin komunikasi

PPP Bakal Putuskan Merapat ke Gerindra di Mukernas PartaiWakil Ketua Bappilu DPP PPP, Achmad Baidowi alias Awiek (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Terpisah, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menyampaikan, pihaknya membuka pintu untuk menyambut kedatangan Capres Terpilih Prabowo Subianto ke Kantor DPP PPP. Menurut Awiek, para petinggi di PPP sudah menggelar komunikasi secara informal dengan Gerindra.

Kendati, Wakil Ketua Baleg DPR RI itu tak mau berandai-andai ihwal PPP akan bergabung ke dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran usai pemilu 2024.

“Saya kira soal silaturahmi, komunikasi politik, itu baik-baik saja. Itulah indahnya demokrasi di Indonesia," tuturnya, dilansir ANTARA.

Baca Juga: Di Hadapan Jokowi, Bahlil Ledek Sandiaga soal PPP Tak Lolos DPR

3. PPP masih berkonsentrasi PHPU di MK

PPP Bakal Putuskan Merapat ke Gerindra di Mukernas PartaiKetua DPP PPP Achmad Baidowi masih yakin PPP lolos ke parlemen. (IDN Times/Amir Faisol)

Awiek mengatakan PPP belum mengambil keputusan apapun terkait posisinya usai pemilu karena masih berkonsentrasi untuk memperjuangkan suaranya dalam sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kendati, ia setuju bahwa proses rekonsiliasi harus terus dilakukan seluruh elemen bangsa usai pemilu, karena dalam demokrasi, seluruh pihak boleh bersaing dan berkontestasi, tetapi tidak boleh memiliki dendam.

Dia pun berpandangan, komunikasi politik antara elemen bangsa merupakan hal yang baik yang harus dilakukan.

Baca Juga: Dukung PPP Gugat ke MK, PDIP: Ini Sudah Kebangetan!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya