Senyum Cak Imin Respons Cuitan Masinton soal Tagar AMINAjaDulu

Masinton buat tagar #AMINAjaDulu dan #GanjarMahfud2024

Surabaya, IDN Times - Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menanggapi cuitan politikus PDIP Masinton Pasaribu di media x yang menuliskan tagar #AMINAjaDulu dan #GanjarMahfud2024. Cak Imin tersenyum menanggapi cuitan tersebut. 

Cak Imin mengaku belum ada komunikasi khusus dengan PDIP yang dilakukan oleh kubu AMIN atau Ganjar-Mahfud. Namun secara psikologis, kata dia, memang ada sesuatu yang tidak baik-baik saja sehingga harus diwaspadai.

"Ya belum ada komunikasi langsung sih, tapi secara psikologis kita memang menangkap ada suasana tidak baik-baik saja sehingga kita harus waspada," kata Cak Imin di sela-sela kampanye akbar di Tegal, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024).

Menurut Cak Imin, kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud memang sama-sama waspada untuk menghadapi Pemilu 2024 yang akan datang. "Saya kira 03 dan 01 sama-sama waspada," ujarnya. 

Baca Juga: Kampanye Akbar di Tegal, Anies-Muhaimin Disambut Salawat Asyghil

1. Muncul juga salam empat jari di media sosial

Senyum Cak Imin Respons Cuitan Masinton soal Tagar AMINAjaDuluSimbol empat jari yang disampaikan sebagai bentuk tidak akan memilih Prabowo Subianto. (Tangkapan layar Twitter)

Sebelumnya, Cak Imin juga menanggapi munculnya gerakan salam empat jari di jejaring media sosial yang disebut-sebut sebagai perlawanan untuk salam dua jari. 

Salam dua jari selama ini diasosiasikan sebagai bentuk dukungan kepada pasangan capres dan cawapres nomor urut dua, Prabowo-Gibran. Cak Imin mengaku belum tahu pasti gerakan tersebut, tapi yang pasti gerakan terjadi secara organik dan tidak sengaja diorganisir oleh kubu 01 dan 03.

"Gak ada, nggak ada, nggak ada rencana nggak ada niat, pokoknya kita jalan aja dulu, di sini kita juga gak ada koordinasi, nggak ada juga komunikasi, infonya sama-sama jalan," kata Cak Imin kepada wartawan, dikutip Minggu (28/1/2024) lalu.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, pihaknya akan terus bergerak untuk mengajak masyarakat supaya tidak salah memilih pemimpin pada 14 Februari 2024 nanti.

"Pokoknya kita semua harus terus bergerak apapun cara kalian, mau pakai itu mau pakai yang lain, yang penting kita tidak bisa membiarkan kemungkinan kepemimpinan ini salah," ucapnya.

2. PDIP buka suara terkait cuitan Masinton

Senyum Cak Imin Respons Cuitan Masinton soal Tagar AMINAjaDuluSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, tak merespons secara jelas ketika jurnalis bertanya mengenai maksud cuitan Masinton. Hasto mengatakan, PDI Perjuangan terus berjuang memperkuat suara Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Jadi kami fokus pada gerakan turun ke bawah, memperkuat akar rumput. Gerakan rakyat inilah yang akan memenangkan Ganjar-Mahfud," ujar Hasto.

Hasto mengatakan, gerakan akar rumput itu juga bertujuan untuk melawan skenario satu putaran, yang dianggapnya dipaksakan oleh kubu calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Gerakan rakyat inilah yang akan melawan skenario satu putaran yang dipaksakan untuk pasangan 02," ucapnya.

3. Kubu Anies-Ganjar sudah jalin komunikasi untuk putaran kedua

Senyum Cak Imin Respons Cuitan Masinton soal Tagar AMINAjaDuluKetua DPR RI Puan Maharani menanggapi pengunduran diri politikus senior Maruarar Sirait alias Ara dari partainya. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku kubu calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sudah menjalin komunikasi dengan Timnas AMIN. 

Puan mengatakan, komunikasi itu berisi mengenai langkah selanjutnya untuk menghadapi putaran kedua Pilpres 2024.

"(Komunikasi) informal dan formal, kami lakukan bagaimana nantinya setelah 14 Februari itu, ya membangun bangsa itu harus bersama-sama tidak mungkin sendirian," ujar Puan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya