Idrus Anggap Wajar Airlangga Didorong Kembali Jadi Ketum Golkar

Airlangga dianggap berhasil kerek suara Golkar di 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham, menganggap wajar bila ada kader ingin Airlangga Hartarto kembali maju sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Sebab, Airlangga dianggap berprestasi mampu mengerek suara Golkar pada Pileg 2024.

"Munculnya dukungan kepada Pak Airlangga itu adalah sangat realistis. Kenapa? Karena pasti seluruh kader menilai bahwa kepemimpinan Airlangga ini berhasil. Buktinya kursinya naik, tadinya 85, proyeksi 102, bahkan lebih, berarti naik berapa?" ujar Idrus di Jakarta, Rabu (3/4/2024).

"Nah, karena Pak Airlangga dianggap berprestasi, maka tentu ada respons positif dari seluruh keluarga besar (Golkar), masih menginginkan (Airlangga maju jadi ketum lagi). Itu wajar saja," sambung Idrus.

Baca Juga: Kosgoro 1957 Deklarasi Dukung Airlangga Jadi Ketum Golkar 2024-2029

1. Ada sejumlah organisasi sayap Golkar sudah berikan dukungan ke Airlangga

Idrus Anggap Wajar Airlangga Didorong Kembali Jadi Ketum GolkarPolitikus Partai Golkar, Idrus Marham (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Idrus mengatakan, ada sejumlah organisasi sayap Golkar yang sudah memberikan dukungan kepada Airlangga untuk kembali maju sebagai ketua umum. Meski demikian, kata dia, siapa saja nantinya kandidat yang akan maju sebagai ketua umum, masih dinamis.

"Tetapi ini semua sangat dinamis, tergantung komunikasi-komunikasi politik nanti. Apalagi misalkan betul Pak Jokowi mau bergabung, tentu nanti ada pembicaraan-pembicaraan secara khusus yang sangat dinamis," kata dia.

Baca Juga: Airlangga Akan Penuhi Panggilan MK, Jelaskan Soal APBN dan Bansos

2. Kosgoro 1957 deklarasi dukung Airlangga jadi Ketum Golkar 2024-2029

Idrus Anggap Wajar Airlangga Didorong Kembali Jadi Ketum GolkarKosgoro 1957 Deklarasi Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar 2024-2029 (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Pengurus Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartarto menjadi Ketua Umum Partai Golkar, pada Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar pada Desember 2024.

Dengan demikian, Airlangga sudah mengantongi dukungan dari dua organisasi pendiri Partai Golkar, setelah Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR). Deklarasi dukungan itu dibacakan langsung oleh Sekjen PPK Kosgoro 1957, Sabil Rachman.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan, untuk memberikan dukungan kepada Bapak Dr. Ir. Airlangga Hartarto sebagi Ketum Partai Golkar 2024-2029," kata Sabil di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin, 1 April 2034.

3. Airlangga dianggap bisa mengerek suara Golkar

Idrus Anggap Wajar Airlangga Didorong Kembali Jadi Ketum GolkarKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, Ketua Umum PPK Kosgoro 1957, Dave Laksono, menilai Airlangga telah sukses membawa Golkar memperoleh suara signifikan pada Pileg 2024. Karena itu, dia mengatakan, tidak ada alasan bagi Kosgoro 1957 tidak mendukung Airlangga maju kembali sebagai ketua umum Golkar 2024-2029.

"Kita nilai bahwa yang terbaik untuk memimpin Golkar kembali lagi ke periode ke depan adalah Pak Airlangga Hartarto," ujar Dave.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya