Mahfud Bertemu Mensesneg, Serahkan Surat Mundur dari Menko Polhukam?

Mahfud punya niat mundur dari kabinet

Jakarta, IDN Times - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Pratikno mengatakan, pertemuan itu terjadi pada Senin (29/1/2024) malam.

"Benar, Prof Mahfud MD bertemu saya tadi malam," ujar Pratikno kepada jurnalis, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Jokowi Banyak Kampanye Terselubung

1. Bukan bahas soal pengunduran diri

Mahfud Bertemu Mensesneg, Serahkan Surat Mundur dari Menko Polhukam?Mahfud MD kampanye di Medan, Sumatra Utara (IDN Times/Istimewa)

Pratikno mengatakan, dalam pertemuan itu, Mahfud MD tidak menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam.

"Belum menyerahkan surat tersebut," ucap dia.

Baca Juga: Ada Niat Mundur, Ini Alasan Mahfud Belum Kirim Surat Resign ke Jokowi

2. Mahfud akui ada niat mundur dari kabinet

Mahfud Bertemu Mensesneg, Serahkan Surat Mundur dari Menko Polhukam?Mahfud MD di acara "Tabrak Prof!" di Semarang, Selasa (23/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mengaku punya niatan untuk mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam. Meski demikian, Mahfud belum mengirimkan surat pengunduran diri ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Mahfud mengatakan, masih menunggu momentum dan waktu yang tepat dirinya melepas jabatan Menko Polhukam.

"Tapi, kenapa itu tidak dilakukan sekarang, karena begini, satu menurut aturan, itu tidak dilarang. Dulu yang tidak dilarang itu, menteri, pejabat-pejabat pusat, tapi menjelang pilpres kemarin ditambah lagi aturannya bahkan wali kota pun tidak harus mundur, padahal itu aturan yang lama menteri dan pejabat tidak harus mundur, tidak apa," ujar Mahfud dalam acara Tabrak Prof! yang disiarkan di kanal YouTube Mahfud MD Official, Selasa (23/1/2024).

Baca Juga: Kampanye di Pekanbaru, Mahfud MD Konvoi Pakai Motor

3. Mahfud ingin beri contoh ke capres lain yang juga jadi menteri untuk tidak gunakan fasilitas negara

Mahfud Bertemu Mensesneg, Serahkan Surat Mundur dari Menko Polhukam?Mahfud MD kampanye di Pekanbaru, Riau, pada Senin (29/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Mahfud mengatakan, dirinya juga ingin memberi contoh kepada lawan politiknya yang juga menjabat sebagai menteri untuk tidak menggunakan fasilitas negara ketika berkampanye.

"Kedua, saya juga ingin memberi contoh kalau saya ini menjadi calon wakil presiden, apakah saya masih menggunakan kedudukan saya untuk memanfaaatkan fasilitas negara atau tidak, ini saya sudah tiga bulan saya lakukan, saya tidak pernah menggunakan fasilitas negara, saya masih berkantor di Polhukam secara rutin, semua tugas-tugas, surat-surat masuk pasti selesai tidak kurang dari seminggu," kata dia.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PKB: Jokowi Mau Ganggu Suara AMIN di Jogja

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya