Comscore Tracker

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang

KRI Nanggala-402 diduga tenggelam di kedalaman 850 meter

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Laut menyatakan KRI Nanggala-402 mengalami keretakan dan berada di kedalaman laut 850 meter kepulauan utara pulau Bali. Sejumlah benda juga sudah ditemukan sejak kapal selam itu dinyatakan hilang kontak pada Rabu, 22 April 2021 lalu.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, posisi tersebut sangat sulit dilakukan pengangkatan oleh kapal selam atau mengerahkan kapal robot ROV (Remotely operated underwater vehicle). Dalam jumpa pers yang digelar pada Sabtu, (24/4/2021) di Bandara Ngurah Rai, Bali ini, TNI menyatakan KRI Nanggala 402 berada di fase sub sunk atau sudah tenggelam.

Sejumlah benda diduga bagian kapal selam buatan Jerman yang mulai beroperasi sejak 1981 itu di antaranya pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan, alas yang dipakai ABK untuk salat, solar, hingga pelumasan untuk naik turunkan periskop kapal selam. Selain itu, ditemukan juga sponge untuk menahan panas di dalam lambung kapal sehingga tidak terjadi kondensasi. 

Yudo mengatakan benda-benda itu ditemukan sejak beberapa hari lalu. Puing-puing itu ditemukan di lokasi terakhir yang diduga merupakan posisi kapal selam tersebut. Menurut dia, puing-puing ini tidak akan terangkat keluar bila tidak ada tekanan dari luar atau sudah terjadi keretakan. 

"Barang-barang ini diyakini merupakan milik KRI Nanggala 402," ujar dia. 

Yudo juga menunjukkan benda-benda atau puing yang sudah ditemukan yang menurutnya bukan benda umum. Di radius 10 mile dari lokasi ditemukan benda-benda itu juga tak ditemukan kapal lain. 

"Berdasarkan keterangan dari mantan ABK dan komunitas kapal selam, benda-benda ini diyakini milik Kapal Selam Nanggala 402," tutur dia.

Berikut beberapa potret benda-benda yang diduga bagian dari KRI Nanggala-402 hasil dokumentasi jurnalis ANTARA FOTO, Fikri Yusuf.

Baca Juga: [BREAKING] Posisi KRI Nanggala-402 Diperkirakan di Kedalaman 850 Meter

1. Benda diduga bagian dari KRI Nanggala-402 ditemukan beberapa hari lalu sejak kapal selam itu dinyatakan hilang kontak pada Rabu, 22 April 2021

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang HilangSeorang anggota TNI AL menunjukkan temuan benda yang diduga serpihan KRI Nanggala 402 saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.)

2. Benda-benda yang ditemukan di antaranya pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang HilangSeorang anggota TNI AL menunjukkan temuan benda yang diduga serpihan KRI Nanggala 402 saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.)

3.TNI juga menemukan alas yang dipakai ABK untuk salat, solar, hingga pelumasan untuk naik turunkan periskop kapal selam

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang HilangPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat menunjukkan temuan benda yang diduga serpihan KRI Nanggala 402 saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.)

4. Mantan Komandan KRI Cakra-401 Kolonel Laut (P) Indra Agus Wijaya menunjukkan bukti komponen-komponen yang diyakini milik KRI Nanggala-402

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang HilangMantan Komandan KRI Cakra-401 Kolonel Laut (P) Indra Agus Wijaya, menunjukkan bukti komponen-komponen yang diyakini milik KRI Nanggala-402, di Base Ops Pangkalan Udara TNI AU Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA/Ayu Khania Pranisitha)

5. KRI Nanggala-402 saat melakukan sailing pass di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur pada 25 September 2014

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang HilangKapal Selam KRI Nanggala-402 saat melakukan sailing pass di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur pada 25 September 2014. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

6. KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam buatan Jerman yang diproduksi pada 1977

3 Potret Benda Diduga Bagian Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang HilangKRI Nanggala-402 melakukan sailing pass di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur pada 25 September 2014. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Semoga KRI Nanggala-402 segera ditemukan dan 53 kru ditemukan selamat ya.

Baca Juga: [BREAKING] TNI AL Nyatakan KRI Nanggala-402 Tenggelam

https://www.youtube.com/embed/9x_Aau8i0aE

Topic:

  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya