PKS Desak Pemerintah Ubah Status Gempa Palu Jadi Bencana Nasional

Sohibul mengimbau kader PKS ikut memobilisasi bantuan

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak pemerintah pusat untuk menetapkan penanganan bencana gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bencana nasional. Hal tersebut disebabkan kondisi yang parah dan mengancam kemanusiaan, terutama di Kota Palu, Donggala, dan Sigi.

Diharapkan dengan ditetapkan status bencana nasional, mobilisasi bantuan dasar, perangkat berat, SDM terlatih, serta koordinasi perbantuan berbagai pihak, termasuk kalangan sipil, tentara, dan bantuan luar negeri dapat terkelola dengan baik.

“PKS juga membentuk Posko Tanggap Bencana Pusat Khidmat PKS untuk Sulawesi Tengah, yang akan memobilisasi tenaga relawan dan berbagai bantuan yang disalurkan masyarakat melalui PKS, untuk korban gempa dan tsunami Sulteng,” kata Presiden PKS Sohibul Iman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/10).

1. PKS mendesak Pemerintah meningkatkan status penanganan bencana di Sulawesi Tengah

PKS Desak Pemerintah Ubah Status Gempa Palu Jadi Bencana NasionalANTARA FOTO/BNPB/pras

Sohibul mengatakan PKS turut prihatin dengan kondisi pascagempa dan tsunami di Palu. Untuk itu, PKS mendorong kepada pemerintah pusat untuk hadir memberikan rasa aman dan pemenuhan kebutuhan pokok, serta penyelamatan bagi korban dengan menetapkan status bencana nasional.

“Kecepatan pemerintah menetapkan status ini diharapkan dapat membantu mobilisasi bantuan kepada para penyintas, baik dari sumber-sumber pemerintah, masyarakat dan bantuan luar negeri,” kata dia.

Baca Juga: BNPB Sediakan Call Center bagi Keluarga Korban Bencana Palu-Donggala

2. Sohibul mengimbau kepada kader PKS ikut memobilisasi bantuan

PKS Desak Pemerintah Ubah Status Gempa Palu Jadi Bencana NasionalIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sohibul mengimbau kepada semua kader PKS bergotong-royong memberi bantuan bagi korban bencana, baik dari kantong pribadi maupun menggalang partisipasi publik untuk memberikan bantuan.

“Seluruh jajaran struktur dari level pusat, wiayah hingga ranting agar bergerak untuk memobilisasi bantuan bencana di Sulawesi Tengah,” kata dia.

3. PKS berharap seluruh pihak bekerja

PKS Desak Pemerintah Ubah Status Gempa Palu Jadi Bencana NasionalANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

PKS berharap seluruh pihak dapat bekerja sama membantu masyarakat di Sulawesi Tengah, dalam penanganan bencana dan pemulihan kondisi di wilayah terdampak gempa dan tsunami di Palu.

Semoga kondisi di Palu lekas pulih ya guys.

Baca Juga: Ini Daftar Bantuan yang Diberikan Negara Sahabat Untuk Pemulihan Palu

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya