Surya Paloh Bertemu Jokowi, 3 Parpol Pengusung AMIN Klaim Masih Solid

Sudirman bantah ada kesepakatan politik di pertemuan

Jakarta, IDN Times - Ketua Pelaksana Harian Tim Nasional Anies-Muhaimin (AMIN), Sudirman Said, mengatakan jamuan makan malam antara Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Minggu (18/2/2024), merupakan undangan dari pihak Istana.

Bukan Surya yang meminta waktu bertemu Jokowi. Menurut Sudirman, hingga saat ini ketiga parpol pengusung Anies-Muhaimin masih ingin bersama-sama.

"Kami juga mendengar dari banyak pihak bahwa NasDem tetap masih setia pada jalur perubahan. Semua sikap itu baru diputuskan setelah KPU menyelesaikan tugasnya, dan menentukan siapa yang terpilih menjadi presiden," ujar Sudirman di rumah relawan, Brawijaya X, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Sehingga, menurut mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu masih terlalu dini menyimpulkan parpol pengusung Anies-Muhaimin sudah pecah kongsi. Ia juga mendengar dari pimpinan parpol pengusung AMIN bahwa mereka masih ingin bersama-sama.

"Para pimpinan partai ini masih ingin bersama-sama, termasuk Pak Anies masih ingin berada di jalur perubahan. Ya, kita lihat perkembangan ke depan," tutur dia.

Sudirman menambahkan dalam pertemuan 60 menit antara Jokowi dengan Surya Paloh itu tidak ada pembicaraan substansi terkait kesepakatan usai Pemilu 2024.

"Saya tidak melihat ada hal yang material, seperti misalnya ada kesepakatan yang dicurigai (terkait Pemilu 2024). Saya rasanya tidak ada," katanya.

Sebelumnya, NasDem juga membantah pernyataan Istana bahwa jamuan makan malam atas permintaan Surya Paloh kepada Jokowi. Menurut Sekjen NasDem, Hermawi Taslim, justru Jokowi lah yang mengundang Surya.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, mengatakan pertemuan tersebut tidak membahas soal posisi politik NasDem pada 2024-2029.

Diketahui, pasangan Anies-Muhaimin pada Pilpres 2024 didukung Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Baca Juga: Surya Paloh Bertemu Jokowi, Repnas: Contoh Baik Agar Suasana Kondusif

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya