Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Disebut Bakal Jadi Menteri ATR

Dikenal sebagai politikus muda

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni diisukan bakal jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, jika kelak terpilih memenangkan Pilpres 2024.

Isu tersebut menguat usai pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo-Gibran unggul sementara hasil Pilpres 2024. Bahkan, sempat beredar deretan menteri Prabowo-Gibran yang di dalamnya terdapat nama Raja Juli.

Raja Juli juga dua hari setelah pemungutan suara pada 14 Februari 2024, dipanggil Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Istana. Diketahui, Presiden Jokowi mendukung pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Pada Pilpres 2024, Raja Juli juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. Sementara, dalam Kabinet Indonesia Maju, Raja Juli juga menjabat sebagai Wakil Menteri ATR/BPN. Berikut profil Raja Juli Antoni.

Baca Juga: Bakal Jadi Menteri ATR, Ini Profil Eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto

1. Dikenal sebagai politikus muda

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Disebut Bakal Jadi Menteri ATRIDN Times/Margith Juita Damanik

Raja Juli Antoni dikenal sebagai politikus dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia kerap diundang ke berbagai acara diskusi politik di sejumlah media nasional.

Pria yang lahir pada 13 Juli 1977 di Pekanbaru ini juga dikenal sebagai politikus muda di Indonesia. Dia dikenal sebagai salah satu elite PSI, yang didirikan oleh Grace Natalie.

2. Pendidikan Raja Juli Antoni, dari UIN hingga Inggris

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Disebut Bakal Jadi Menteri ATRIDN Times/Margith Juita Damanik

Raja Juli Antoni menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi nasional maupun internasional. Di Indonesia, Raja Juli menempuh pendidikan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang sekarang sudah berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, dan lulus pada 2001.

Kemudian mendapat beasiswa melanjutkan pendidikan pasca-sarjana alias S2 di The Department of Peace Studies, The University of Bradford, Inggris. Pendidikan terakhirnya mendapat beasiswa dan lulus sebagai doctoral di School of Political Science and International Studies, The University of Queensland, Australia.

Baca Juga: Raja Juli Antoni Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada Apa?

3. Karier politik Raja Juli Antoni

Profil Raja Juli Antoni, Kader PSI yang Disebut Bakal Jadi Menteri ATRSekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni (Dok Wikipedia)

Perjalanan karier politik Raja Juli Antoni bisa dilihat dari rekam jejaknya yang pernah menduduki beberapa posisi sebagai berikut:

  • Mantan Ketua Umum PP Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM)
  • Direktur Eksekutif Maarif Institute
  • Calon anggota legislatif untuk Pemilihan Umum Legislatif 2009 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Kabupaten Subang, Sumedang, dan Majalengka)
  • Calon Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, mengundurkan diri karena ingin berkonsentrasi sebagai Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  • Selain itu, Raja Juli juga aktif menulis di berbagai media nasional.

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya