Gerindra Sebut Prabowo Mau Merangkul PPP dan PKS

Gerindra tak pernah anti sama semua parpol

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra ingin merangkul semua partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk bergabung ke dalam kabinet Prabowo-Gibran usai pemilihan umum (pemilu) 2024.

Waketum Partai Gerindra Habiburahman mengatakan, capres pemenang pemilu 2024, Prabowo Subianto ingin merangkul semua pihak, termasuk PPP dan PKS.

“Pak Prabowo sangat ingin merangkul semua pihak,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga: PPP Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran di Tengah Upaya Gugat ke MK

1. Gerindra tak punya masalah dengan PKS dan PPP

Gerindra Sebut Prabowo Mau Merangkul PPP dan PKSWaketum Partai Gerindra Habiburrahman sebut Prabowo mau rangkul PPP dan PKS. (IDN Times/Amir Faisol)

Habibur menyampaikan, hubungan Gerindra dan PKS selama ini berjalan baik. Menurut dia, Gerindra tidak pernah anti dengan partai manapun.

Selain itu, Habibur juga mengakui Gerindra tak pernah punya hambatan bersama PPP meskipun pada pemilu 2024 sempat berseberangan. Pada pemilu yang lalu, PPP berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung Ganjar-Mahfud.

Habibur juga mengungkapkan, bahwa Prabowo berencana untuk menggelar silaturahmi politik dengan PPP dalam waktu dekat. Kendati, pihaknya masih menghargai PPP yang saat ini masih berjuang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Gerindra juga menyampaikan empati kepada PPP yang gagal melaju ke Senayan karena perolehan suara mereka tidak mencapai ambang batas parlemen.

“PPP kita juga tidak ada hambatan secara psikologis untuk bertemu PPP dengan Pak Prabowo,” ujarnya.

2. PPP merasa terhormat bila Prabowo mau sowan

Gerindra Sebut Prabowo Mau Merangkul PPP dan PKSKetua Fraksi PPP DPR RI, Amir Uskara (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Waketum PPP Amir Uskara mengaku, pihaknya merasa terhormat bila Capres Prabowo mau sowan ke PPP usai pemilu 2024. Namun, Amir mengaku belum menerima informasi resmi kapan rencana Prabowo mau sowan ke PPP.

Setelah ditetapkan sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres) 2024, Prabowo memang melakukan safari politik ke sejumlah partai, antara lain NasDem dan PAN.

“Kita akan merasa terhormat kalau itu sampai terjadi, tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi terkait hal itu secara resmi ya," kata Amir.

Baca Juga: Linimasa: Perkembangan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024

3. Pintu PPP selalu terbuka untuk Prabowo

Gerindra Sebut Prabowo Mau Merangkul PPP dan PKSKetua DPP PPP Achmad Baidowi masih yakin PPP lolos ke parlemen. (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menyampaikan, pihaknya membuka pintu untuk menyambut kedatangan Prabowo Subianto ke Kantor DPP PPP.

Menurut Awiek, para petinggi di PPP sudah menggelar komunikasi secara informal dengan Gerindra. Kendati, Wakil Ketua Baleg DPR RI itu tak mau berandai-andai ihwal PPP akan bergabung ke kabinet Prabowo-Gibran usai pemilu 2024.

“Saya kira soal silaturahmi, komunikasi politik, itu baik-baik saja. Itulah indahnya demokrasi di Indonesia," tutur Awiek.

Baca Juga: PPP Gak Terima Cuma Dapat Suara 3,87 Persen, Bakal Gugat ke MK

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya