PFI Minta Jubir Komite Wiku Ralat Ucapannya soal Foto Jenazah COVID-19

Jurnalis mengemukakan informasi untuk kepentingan publik

Jakarta, IDN Times – Organisasi kewartawanan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat
menyesalkan pernyataan KetuaTim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19, yang sekarang menjadi Juru Bicara Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Wiku Adisasmito yang mengatakan, memotret dan menyebarkan foto jenazah corona adalah tindakan orang tidak beretika.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen PFI Hendra Eka mengungkapkan kekecewaannya. Menurut dia, kata-kata itu tidak seharusnya terucap dari seorang pejabat publik.

“Seharusnya Pak Wiku lebih berhati-hati dalam menyampaikan pendapatnya. Apalagi terkait hal-hal yang bukan kompetensinya. Akan sangat berbahaya jika jurnalis dibatasi dan tidak bisa memotret informasi terkait jenazah COVID-19," ucap pewarta foto Jawa Pos ini dalam siaran tertulis, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Dikecam PFI, Anji Akhirnya Minta Maaf soal Foto Jenazah COVID-19

1. PFI berharap Wiku meralat perkataannya

PFI Minta Jubir Komite Wiku Ralat Ucapannya soal Foto Jenazah COVID-19PFI Medan bersama XL Axiata saat pembagian masker hingga vitamin (IDN Times/Dok. Istimewa)

Dia menegaskan, selama yang memotret jenazah COVID-19 itu adalah orang yang berkompetensi sebagai jurnalis, hal itu dianggap sah dan wajar.

"Karena tidak sembarang orang bisa mendapatkan akses dan bisa memotret untuk keperluan editorial di tempat berbahaya," ucap Hendra.

"Sebagai perwakilan mata dan telinga publik, jurnalis juga selalu mengemukakan informasi untuk kepentingan publik,” tambah Hendra.

PFI berharap Wiku dapat meralat perkataannya yang dianggap kurang tepat itu.

2. Anji sudah minta maaf terkait pernyataannya di Instagram

PFI Minta Jubir Komite Wiku Ralat Ucapannya soal Foto Jenazah COVID-19instagram.com/duniamanji

Sementara itu, PFI telah mendapatkan klarifikasi dan permintaan maaf dari penyanyi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

“Anji sudah meminta maaf langsung dengan menelepon saya dan menepati janjinya dengan meminta maaf secara terbuka di Instagram, PFI menerima permintaan maafnya,” jelas Hendra.

3. PFI berharap tidak ada yang mempolitisir polemik

PFI Minta Jubir Komite Wiku Ralat Ucapannya soal Foto Jenazah COVID-19Ilustrasi. Dok.IDN Times/Istimewa

PFI juga telah menghubungi Joshua Irwandi terkait permintaan maaf Anji. “Saya kira cukup sampai di sini, saya menerima dengan tulus permintaan maaf dari Anji, dan semoga hal serupa tidak terulang,” jelas Joshua.

PFI berharap dengan selesainya masalah ini, tidak ada lagi pihak-pihak yang mempolitisir
atau menunggangi polemik ini, mendiskreditkan profesi pewarta foto, dan bisa lebih menghargai karya-karya foto jurnalistik.

Baca Juga: Pertanyakan Kebenaran Foto Jenazah COVID-19, Anji Dikecam PFI 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya