Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Jokowi Beli Mobil Rp12 Miliar saat Pandemik COVID-19?

Yuk cek dulu faktanya di sini!

Jakarta, IDN Times - Sebuah unggahan di Facebook terkait Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi perbincangan warganet. Unggahan itu menyebut Jokowi membeli mobil kepresidenan baru seharga Rp12 miliar.

Akun pengunggah menyebut, mobil tersebut dibeli saat pandemik COVID-19 melanda. Unggahan disertai foto seseorang mirip Jokowi yang duduk di dalam sebuah mobil.

"Katanya ini foto editan/hoax, bs jg bener hoax, tp mobil Mercy Pullman Guard S 600, dgn harga berkisar 12 M ini bkn hoax.
Ini mobil dinas presiden yg baru, yg katanya si presiden tersebut adalah presiden yg ngerakyat. Dibeli thn 2020 saat pandemi copid dimana banyak rakyat yg hidupnya pd susah," kata pengunggah.

Namun, benarkah Jokowi membeli mobil kepresidenan baru saat pandemik COVID-19?

Baca Juga: [CEK FAKTA] Beredar Video Jokowi dan Surya Paloh Tak Bermasker

1. Mobil kepresidenan dipesan 2019

[CEK FAKTA] Jokowi Beli Mobil Rp12 Miliar saat Pandemik COVID-19?Informasi salah Presiden Jokowi membeli mobil baru saat pandemik COVID-19. (kominfo.go.id)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan informasi Jokowi membeli mobil kepresidenan baru saat pandemik adalah salah. Dari penelurusan turnbackhoax.id, pemerintah memesan mobil kepresidenan baru pada 2019.

Namun, mobil baru tersebut tiba di Indonesia pada 8 Januari 2020. Sedangkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan status pandemik COVID-19 pada 11 Maret 2020.

2. Mobil buatan Mercedes-Benz

[CEK FAKTA] Jokowi Beli Mobil Rp12 Miliar saat Pandemik COVID-19?www.team-bhp.com

Diketahui, mobil dinas presiden yang dibeli adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini memang dibuat khusus untuk pada pemimpin negara di berbagai belahan dunia.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, sudah dilakukan prosesnya dan mungkin akhir tahun kendaraan itu sudah dapat diterima,” ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari ANTARA, 23 Agustus 2019.

Sebelumnya, Jokowi memakai mobil kepresidenan warisan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil yang telah berusia lebih dari 10 tahun itu bahkan pernah mogok.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pengemudi Mercedez Penabrak Pesepeda di Bundaran HI 

3. Kelebihan Mercedes-Benz S600 Guard

[CEK FAKTA] Jokowi Beli Mobil Rp12 Miliar saat Pandemik COVID-19?daimler.com

Mercedes-Benz S600 Guard memiliki banyak keunggulan dibanding produk lainnya. Mobil ini berkapasitas 5.500cc 12 silinder yang mampu melaju hingga kecepatan 210 km/jam (batas yang diberikan pabrik).

Mobil buatan Jerman ini juga memiliki fitur antipeluru dan mampu menahan ledakan granat. Mercedes-Benz S600 Guard juga mampu melaju jarak jauh meski ban bocor atau rusak.

Baca Juga: UNESCO Minta Jokowi Setop Sementara Proyek Jurassic Park Pulau Komodo

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya