Profil Once Mekel, Mantan Vokalis Dewa 19 yang Jadi Anggota DPR

Once Mekel suka diskusi politik sejak kuliah

Jakarta, IDN Times - Musisi ternama, Once Mekel, berhasil menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) periode 2024-2029 lewat dapil neraka bersama partai pengusungnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Mantan vokalis Dewa 19 tersebut berhasil mengamankan satu kursi DPR di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II. Di antara 7 caleg, Once meraih suara tertinggi, bahkan mengalahkan petahana Eriko Sotarduga dan Masinton Pasaribu.

Berikut profil hingga perjalanan karir Once Mekel yang dirangkum IDN Times!

Baca Juga: Profil Uya Kuya, 'Raja Gimik' yang Lolos Jadi Anggota DPR 

1. Profil Once Mekel

Profil Once Mekel, Mantan Vokalis Dewa 19 yang Jadi Anggota DPR(instagram.com/oncemekelofficial)

Once Mekel atau yang memiliki nama asli Elfonda Mekel lahir pada 21 Mei 1970, telah menunjukkan kecintaannya terhadap musik sejak di bangku SMP.

Saat tamat SMA, dirinya pernah menjadi vokalis band dan mendapatkan honor meskipun tidak seberapa. Band-nya pun pernah menjadi pengiring untuk penyanyi, Ita Purnamasari. Tidak hanya itu, Once Mekel juga sering bernyanyi di gereja.

Meskipun mengejar karier sebagai musisi, Once tidak mengabaikan pendidikan. Dia lulus dari Universitas Indonesia dengan gelar Sarjana Hukum. Dia menempuh pendidikan di TK Tabitha, SD Strada Wiyatasana, SMP Tirta Marta, dan SMA Tirta Marta.

Pada tahun 2005, Once menikahi kekasihnya yang telah dipacarinya selama 3 tahun, Rietma Dhanty Angelica Immaculata Tauchid dan mereka memiliki seorang putra bernama Manuel Mekel.

Baca Juga: DPRD DKI Nilai Food Estate di Kepulauan Seribu akan Buat Harga Naik

2. Perjalanan karir Once Mekel

Profil Once Mekel, Mantan Vokalis Dewa 19 yang Jadi Anggota DPR(instagram.com/oncemekelofficial)

Bermain musik sejak SMP, membuka jalan bagi Once Mekel untuk memasuki dunia musik profesional. Sebelumnya, dia telah menjadi penyanyi solo dengan merilis lagu seperti "Juwita Pandang" (1991) dan "Anggun" (1999).

Namun, titik balik dalam kariernya datang ketika dia bergabung dengan Dewa 19 pada tahun 1999 menggantikan Ari Lasso. Dari sini, nama Once Mekel semakin dikenal luas. Selama bersama Dewa 19, dia telah merilis banyak lagu yang masih populer hingga kini, seperti "Roman Picisan", "Dua Sejoli", "Risalah Hati," dan "Cemburu." Album Bintang Lima bahkan menjadi salah satu album terlaris dengan penjualan mencapai 1,7 juta kopi.

Pada tahun 2005, Once merilis single "Dealova" yang meraih banyak penghargaan, termasuk Penyanyi Solo Terbaik dan Lagu Pop Terbaik di AMI Awards 2006. Setelah meninggalkan Dewa 19 pada tahun 2010 untuk fokus berkarier solo, Once merilis satu album solo.

Selain karier musiknya, Once juga mencoba peruntungan di dunia politik lewat fraksi PDIP. Sejak kuliah, dia telah tertarik pada diskusi politik dan memantau perpolitikan Indonesia. Meskipun telah banyak tawaran dari partai politik lain, Once memilih bergabung dengan PDIP pada tahun 2023.

Baca Juga: Masalah Aglomerasi Jakarta Sudah Muncul Sejak Ma'ruf Amin Jabat DPRD

3. Once melenggang ke Senayan

Profil Once Mekel, Mantan Vokalis Dewa 19 yang Jadi Anggota DPRDewan Penasihat TKN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid dan Once Mekel menyanyikan lagu ''Untuk Indonesia'' di kampanye terbuka capres dan cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu (10/2/2024). (Youtube.com/PDI Perjuangan)

Setelah sukses sebagai penyanyi, Once Mekel memutuskan untuk masuk dunia politik sebagai anggota PDIP. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, ia berhasil meraih kursi di Senayan pada pencalonan pertamanya sebagai calon legislatif.

Dalam hasil rekapitulasi KPU pada 20 Maret 2024, Once Mekel kemungkinan besar bakal mendapatkan kursi di DPR setelah berhasil memperoleh dukungan sebanyak 60.623 suara di dapil neraka, DKI Jakarta II.

Capaian ini mengejutkan banyak pihak, terutama karena Once berkompetisi melalui PDIP dan menjadi caleg dari partai tersebut dengan jumlah suara terbanyak di dapil yang sama.

Suara Once bahkan mengungguli beberapa nama kader PDIP lainnya di dapil tersebut, seperti Eriko Sotarduga dengan 48.737 suara dan Masinton Pasaribu dengan 50.992 suara.

Baca Juga: Deretan Caleg Lolos DPR Dapil Jakarta II: Once, Ida Fauziah, Uya Kuya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya