Comscore Tracker

NasDem Akan Gelar Konvensi Capres di 2022 Setelah Koalisi Terbentuk

Koalisi ditentukan Surya Paloh

Jakarta, IDN Times - Partai NasDem berencana menggelar konvensi calon presiden (capres) 2024 untuk menjaring capres yang bakal diusung di Pemilu 2024. Rencananya, konvensi digelar pada 2022 nanti.

Namun, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan, konvensi capres 2024 baru dilakukan bila koalisi sudah terbentuk. Ahmad Ali menjelaskan, pelaksanaan konvensi capres 2024 setelah koalisi terbentuk, sesuai keinginan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Konvensi adalah ajang mencari pemimpin negeri ini, kader terbaik yang dimiliki bangsa ini. Maka, prasyarat itu (koalisi) harus terpenuhi," kata Ahmad Ali, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Demokrat Siap Usung AHY Maju di Pilpres 2024

1. Konvensi capres 2024 bukan untuk pencitraan atau menaikkan popularitas partai

NasDem Akan Gelar Konvensi Capres di 2022 Setelah Koalisi TerbentukWakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad M Ali. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dia memastikan, konvensi capres 2024 yang akan digelar NasDem bukan untuk pencitraan atau meningkatkan elektabilitas saja, tapi diharapkan untuk mendapatkan calon-calon terbaik.

"(Jadi) bukan lucu-lucuan atau abal-abal yang hanya sekadar menaikkan popularitas partai," ujarnya.

2. Koalisi ditentukan Surya Paloh

NasDem Akan Gelar Konvensi Capres di 2022 Setelah Koalisi TerbentukKetum NasDem Surya Paloh (IDN Times/Aryodamar)

Ketua Fraksi Partai NasDem ini mengatakan, partainya akan berkoalisi dengan partai politik (parpol) yang memiliki ideologi sama. Intinya, kata Ahmad Ali, parpol tersebut memiliki komitmen untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik.

Meski begitu, dia mengatakan, soal koalisi ditentukan oleh Surya Paloh.

"Yang diberikan amanat penuh untuk menentukan arah koalisi adalah Surya Paloh. Karena Surya Paloh merupakan ketua umum yang punya kewenangan dan otoritas menentukan koalisi yang akan dijalani," kata Ahmad Ali.

Baca Juga: PKB Buka Peluang Duet Prabowo-Cak Imin, Begini Respons PPP   

3. Konvensi untuk beri kesempatan kepada anak bangsa menjadi pemimpin

NasDem Akan Gelar Konvensi Capres di 2022 Setelah Koalisi TerbentukKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebelumnya mengatakan, partainya akan menggelar konvensi atau menjaring calon presiden untuk Pilpres 2024.

“Untuk itulah di dalam perencanaan partai dua tahun ke depan, NasDem merencanakan menggelar konvensi calon presiden Republik Indonesia pada tahun pemilu 2024,” kata Surya Paloh dalam sambutan Peringatan HUT ke-9 Partai NasDem, Rabu (11/11/2020).

NasDem, kata Surya, boleh tidak lolos parlementary treshold, tapi kehidupan politik harus jadi lebih baik dari pada apa yang dimiliki Indonesia saat ini. Menurut dia, dengan adanya konvensi, akan memberikan ruang sebesar-besarnya bagi warga negara.

“Pada seluruh anak bangsa yang memiliki kapasitas kepemimpinan dan manajerial lebih baik, agar memiliki juga kesempatan yang sama menjadi calon pemimpin bangsa ini, calon presiden di negeri ini,” ujar dia.

Surya menjelaskan, konvensi calon presiden ini merupakan wujud keterbukaan NasDem bagi anak bangsa yang berada di luar partai politik, namun memiliki kapasitas serta kualitas untuk memimpin bangsa dan negara dalam mengemban amanat konstitusi.

“Konvensi juga menjadi wujud modernisasi berbagai pemikiran dan pandangan politik yang berbeda-beda, melalui mekanisme kontestasi dengan mengedepankan prinsip-prinsip transparansi dan button up, dan konvensi berefek secara positif bagi penguatan kelembagaan partai sebagai ruang dan basis rekrutmen kepemimpinan nasional dengan konvensi,” kata dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya