Jokowi Kerap Blusukan dengan Sepatu Sneakers, Ini Alasannya

Jokowi mengaku dengan sepatu sneakers, geraknya lebih gesit

Jakarta, IDN Times - Kalian mungkin kerap melihat Presiden Joko "Jokowi" Widodo di saat tengah blusukan mengenakan sepatu sneakers. Mungkin dia menjadi pemimpin pertama di Tanah Air yang blusukan menggunakan alas kaki yang identik dengan anak muda tersebut. 

Jokowi mengaku sebagian besar koleksinya adalah buatan lokal. Padahal, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga pernah mengenakan sneakers berwarna abu-abu merk Nike Lunar Epic Low Flyknit. Tapi, apa ya alasan Jokowi memlih sering beraktivitas menggunakan sepatu snekaers?

 

1. Jokowi memilih sepatu sneakers produksi lokal buatan Bandung

Jokowi Kerap Blusukan dengan Sepatu Sneakers, Ini AlasannyaTwitter/@jokowi

Jokowi mengaku memilih sepatu sneakers buatan lokal yakni Nah Project yang berbasis di Bandung. Salah satu yang kerap ia kenakan yakni Yoga Flex Knit 2.0. Menurut CEO dan Co Founder Nah Project, Rizky Arief Dwi P, sepatu yang dikenakan oleh Jokowi harganya Rp 415 ribu. Ukuran yang tersedia mulai dari 36-44. 

"Kata Pak Jokowi, sepatunya nyaman," ujar Rizky kepada media pada (3/8) lalu. 

Hal itu pun diakui oleh Jokowi. Melalui video blog yang ia unggah di akun media sosialnya pada Minggu (26/8), ia mengaku lebih gesit ketika melakukan kunjungan kerja. 

"Selain enak dipakai, juga ringan. Jadi, kita bisa lebih lincah, gesit ketika masuk ke sawah atau meninjau waduk," ujar Jokowi dalam video berjudul "Cerita Sneakers". 

 

Baca Juga: Deretan Koleksi Sepatu Gaul Presiden Jokowi, dari Warna Merah sampai Abu-abu

2. Jokowi sengaja menggunakan produk merk lokal karena kualitasnya tidak kalah bagus

Jokowi Kerap Blusukan dengan Sepatu Sneakers, Ini AlasannyaInstagram/@nah.project

Jokowi mengaku memiliki beberapa sepatu sneakers dengan ragam warna. Ada yang berwarna hitam dan merah. Tetapi, ia menggaris bawahi produk yang digunakan, semuanya buatan lokal. 

Menurut Jokowi, kualitas produk lokal tidak kalah bagus dengan buatan luar negeri. 

"Banyak produksi lokal dari Sabang sampai Merauke, berupa sepatu, tas, kerajinan, kaos dan baju, saya kira kita memiliki kemampuan besar dalam memproduksi produk-produk yang memiliki kualitas yang baik, harga kompetitif, karena itu lah daya saing Indonesia," kata dia. 

Video ini tak pelak diduga merupakan dari strategi Jokowi untuk menggaet pemilih millenials dalam Pilpres 2019. Sebab, sempat ada kekhawatiran calon pemilih usia millenials beralih memilih golput, gara-gara Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. 

3. Jokowi jadi trendsetter

Jokowi Kerap Blusukan dengan Sepatu Sneakers, Ini AlasannyaIDN Times/Afriani Susanti

Gara-gara produk sepatunya dikenakan Jokowi, Nah Project pun kebanjiran pesanan. CEO dan Co Founder Nah Project, Rizky Arief Dwi, mengatakan saat sepatu Yoga Flex Knit 2.0 diluncurkan pada (2/8) lalu, 1.000 pasang sepatu ludes terjual hanya dalam waktu 1 jam. 

Sebelumnya, jaket bomber yang dikenakan oleh Jokowi ketika menggelar jumpa pers mendadak di Istana Negara usai terjadi kericuhan pada demonstrasi 4 November 2016, mencuri perhatian warganet. Walaupun jaket itu buatan Zara dengan harga Rp899 ribu, namun butik-butik lokal yang juga menjual produk serupa juga diserbu pembeli. 

Menurut Jokowi, jaket yang ia kenakan bukan miliknya. Tetapi, ia meminjam jaket putranya. 

"Oh, itu jaket anak saya. Saya pinjam," katanya pada 8 November 2016 lalu. 

Warganet pun sempat meributkan jaket siapa yang dipinjam Jokowi? Apakah milik Kaesang atau Gibran. Tetapi, Gibran justru memanfaatkan tanda tanya di publik itu untuk mempromosikan produk makanan yang ia jual. 

 

Baca Juga: Jokowi: (Jaket Bomber) Itu Jaket Anak Saya yang Saya Pinjam

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya