3 Fakta di Balik Raja Thailand Vajiralongkorn Nikahi Pengawal Pribadi

Ini adalah pernikahannya yang keempat kali

Ada pengumuman mengejutkan sebelum prosesi penobatan Maha Vajiralongkorn sebagai Raja Thailand. Vajiralongkorn berusia 66 tahun, menjadi Raja Thailand setelah ayahnya mangkat pada tahun 2016.

Raja Vajiralongkorn memutuskan menikahi pengawal pribadinya Jenderal Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya pada Rabu (1/5) waktu setempat. Sebelumnya, dia telah menikah dan bercerai tiga kali dan memiliki tujuh anak.

Lalu bagaimana awal ceritanya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Upacara pernikahannya ditayangkan di seluruh televisi Thailand

3 Fakta di Balik Raja Thailand Vajiralongkorn Nikahi Pengawal Pribaditwitter.com/Reuters

Dilansir dari BBC, Raja Maha Vajiralongkorn telah melangsungkan pernikahannya dengan pengawal pribadinya dan telah memberinya gelar ratu hanya beberapa hari sebelum penobatan secara resmi. Pengumuman yang dibilang mengejutkan ini dilakukan di Royal Gazzete dan rekaman dari upacara pernikahan pada Rabu (1/5) waktu setempat ditampilkan pada segmen berita malam yang ditayangkan di seluruh televisi Thailand.

Pada rekaman tersebut menunjukkan Ratu Suthida bersujud di hadapan Raja Vajiralongkorn  serta menyajikan nampan dan dupa. Ia akan secara resmi dimahkotai dalam upacara Buddha dan Brahmana pada hari berikutnya.

Baca Juga: Gak Cuma Punya Kisah Unik, 8 Kuil Buddha di Thailand Ini Megah Banget

2. Sebelum menikah, keduanya sering terlihat bersama di depan publik

3 Fakta di Balik Raja Thailand Vajiralongkorn Nikahi Pengawal Pribaditwitter.com/ThaigerNews

Pada tahun 2014 lalu, Maha Vajiralongkorn menunjuk Suthida Tidjai, yang sebelumnya adalah mantan pramugrai Thai Airways, sebagai Wakil Komandan unit pengawalnya. Beberapa pengamat Kerajaan Thailand dan media asing menyebut telah ada hubungan khusus Suthida dengan Raja Thailand, akan tetapi pihak istana tidak pernah mengakui hubungan itu. 

Pada Desember 2016, Raja Thailand menjadikan Suthida sebagai Jenderal penuh di Angkatan Darat Kerajaan Thailand serta Wakil Komandan Pengawal Pribadi Raja di tahun berikutnya. Pada upacara pernikahan tersebut, hadir juga seorang pemimpin militer yang pernah memerintah Thailand sejak kudeta tahun 2014 lalu, Prayuth Chan-ocha.

3. Ia sebelumnya bercerai dari pernikahan ketiganya pada tahun 2014 lalu

3 Fakta di Balik Raja Thailand Vajiralongkorn Nikahi Pengawal Pribaditwitter.com/AJENews

Seperti yang diketahui, Raja Maha Vajiralongkorn terakhir kali bercerai dari Srisami Suwadee, pernikahan ketiganya pada tahun 2014 lalu, yang telah dikaruniai seorang putra. Jauh sebelumnya, Raja Thailand pernah menikah dengan Soamsawali Kitiyakara pada tahun 1977 dan Yuvadhida Polpraserth pada tahun 1994.

Dari semua pernikahannya ini, Maha Vajiralongkorn dikaruniai 2 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Akan tetapi, dari semua anak laki-lakinya, hanya satu anak yang dianggap sebagai Pangeran di Kerajaan Thailand.

Baca Juga: Pemakaman Raja Thailand Habiskan Dana Rp 1 Triliun

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya