Comscore Tracker

Pelajar RI Dilaporkan Hilang di Taman Nasional Gunung Rainier di AS

Vincent Djie dilaporkan hilang pada 19 Juni lalu

Jakarta, IDN Times - Seorang pelajar asal Indonesia, Vincent Djie (25 tahun) dilaporkan menghilang di Taman Nasional Gunung Rainier, California, Amerika Serikat. Ia dilaporkan kali terakhir terlihat pada (19/6) lalu ketika tengah menempuh jalur pendakian Alta Vista Trail di Paradise. Ia diketahui menempuh rute tersebut seorang diri. 

Mengutip situs National Park Service (NPS) pada Rabu (24/6), proses pencarian terhadap Vincent tengah dilakukan. Bahkan, pencarian juga dikerahkan menggunakan helikopter. Untuk membantu proses pencarian, petugas taman gunung nasional menyebar selebaran dengan foto dan keterangan mengenai Vincent. 

Lalu, bagaimana proses pencarian terhadap pelajar yang bermukim di Seattle itu?

1. Laporan kehilangan terhadap Vincent Djie telah disampaikan ke kantor sherif setempat

Pelajar RI Dilaporkan Hilang di Taman Nasional Gunung Rainier di AS(Ilustrasi jalur pendakian Alta Vista) www.visitrainier.com

Menurut keterangan dari situs resmi NPS, hilangnya Vincent sudah dilaporkan ke kantor sherif setempat. Pada (22/6) lalu kantor sheriff Pierece County mengeluarkan notifikasi ke publik mengenai pencarian terhadap Vincent dengan istilah "Be On the Look Out" (BOLO). Sherif mulai mencari Vincent dengan mengecek kendaraan yang ia gunakan menuju ke TN Gunung Rainier. Kendaraan itu akhirnya ditemukan di area taman nasional. Namun, Vincent tidak ada di dalam mobil itu. 

Di dalam selebaran yang dibuat oleh personel taman nasional, bagi kamu yang memiliki informasi bisa menghubungi (360) 569-6683. 

Baca Juga: [FOTO] Begini 'New Normal' Para Pelajar Korsel Saat Pandemik COVID-19

2. Area hutan dan Gunung Rainier ditutupi salju sehingga menyulitkan pencarian

Pelajar RI Dilaporkan Hilang di Taman Nasional Gunung Rainier di AS(Ilustrasi Gunung Rainier California) www.visitrainier.com

Personel TN Gunung Rainier terus melakukan pencarian namun mereka menghadapi tantangan area di sana masih ditutupi salju. Itu sebabnya mereka tidak mengerahkan anjing pelacak (K9). Untuk memudahkan pencarian ranger juga menggunakan teknologi Forward Looking Infrared Rader (FLIR).

Diharapkan dengan alat tersebut bisa mendeteksi suhu panas yang memancar dari area pencarian mereka. Bila terpancar suhu panas maka bisa menjadi petunjuk keberadaan mahluk hidup di area tersebut. 

3. Personel TN Gunung Rainier bekerja sama dengan keluarga dan KJRI San Francisco untuk melakukan pencarian

Pelajar RI Dilaporkan Hilang di Taman Nasional Gunung Rainier di AS(Ilustrasi Gunung Rainier di California) www.visitrainier.com

Informasi hilangnya Vincent telah didengar oleh KJRI di San Francisco. Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha mengatakan pihak KJRI San Francisco terus berkoordinasi dengan personel di kawasan Gunung Rainier, Washington State. 

"Pihak rangers menjelaskan bahwa hari ini unsur gabungan akan melakukan upaya pencarian VRD dengan pencarian dari udara menggunakan helikopter dan pencarian dari darat," ungkap Judha melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Rabu malam. 

Namun, hingga kini belum ditemukan petunjuk berarti. 

Baca Juga: Pakar: Kasus COVID-19 di Indonesia  Lebih Baik dari Amerika Serikat

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya