15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi, Gojek Sampai Shopee

Fitur QR Code PeduliLindungi ada di berbagai platform

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menegaskan aplikasi PeduliLindungi akan dioptimalkan penggunaannya di berbagai sektor kehidupan. Demi mencapai tujuan itu, sebanyak 15 platform terintegrasi dengan PeduliLindungi.

Budi menyatakan saat ini aplikasi PeduliLindungi sudah digunakan disejumlah aktivitas mulai keagamaan, perdagangan modern dan tradisional. Aplikasi tersebut juga digunakan untuk keperluan transportasi, pariwisata, keperluan bekerja, dan pendidikan.

"Di mana fungsi-fungsi dari aplikasi PeduliLindungi, baik untuk screening, tracing, hingga penerapan protokol kesehatan itu nantinya bisa kita jalankan dan membantu untuk memudahkan hidup di aktivitas utama," katanya dalam acara peluncuran integrasi fitur QR Code PeduliLindungi secara virtual di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

1. 15 platform terintegrasi lewat QR Code

15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi, Gojek Sampai ShopeeIlustrasi aplikasi PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Untuk itu, Kemenkes memperluas jangkauan dengan bermitra di platform digital untuk mengintegrasikan fitur QR Code PeduliLindungi dengan aplikasi lain.

Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, menyatakan sampai saat ini sudah ada 15 mitra yang telah terintegrasi dengan PeduliLindungi. Selain itu ada 35 mitra lainnya akan secara bertahap melakukan implementasi tersebut.

Baca Juga: Check-In PeduliLindungi Sudah Bisa di Shopee, Begini Caranya

2. Cek status vaksinasi di PeduliLindungi

15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi, Gojek Sampai ShopeeAplikasi PeduliLindungi. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Melalui QR Code PeduliLindungi, kita dapat mengetahui status vaksinasi dan hasil testing COVID-19. Jika terjadi penularan COVID-19, maka orang tersebut dapat terlacak.

"Terdapat landasan, tata cara, pedoman, dan hal-hal lain, yang mengatur pemanfaatan QR Code hingga keamanan data dalam aplikasi PeduliLindungi, " ujar Setiaji.

3. Fitur QR Code terdapat di aplikasi lain

15 Aplikasi Terintegrasi PeduliLindungi, Gojek Sampai ShopeeSatpam Superindo Manukan Surabaya memberikan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi PeduliLindungi, Selasa (14/9/2021). IDN Times/Fitria Madia

Terkait penggunaan fitur QR Code di aplikasi lain, dia memastikan keamanan dari fitur tersebut dan menjamin tidak akan disimpan dalam aplikasi mitra PeduliLindungi.

"Data pribadi dan lainnya, termasuk lokasi, tidak kami simpan. Informasi mengenai keamanan perlindungan data tersebut juga tertera di dalam term and conditions yang ada di masing-masing platform mitra digital," ujar Setiaji.

Sebanyak 15 aplikasi yang sudah terintegrasi dengan PeduliLindungi adalah Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Livin' by Mandiri, Cinema XXI, Link Aja, GOERS, Jaki, BNI Mobile, M-Cash, Shopee, dan Loket.com.

Baca Juga: Masuk 6 Pasar Tradisional Ini Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya