Panglima: TNI AU Tumbuh Menjadi Organisasi Militer yang Kian Modern 

TNI AU diharapkan bisa disegani di kawasan

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan TNI Angkatan Udara (AU) telah tumbuh menjadi organisasi militer yang semakin modern.

Yudo menyatakan hal tersebut dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023).

"Seiring perjalanan bangsa, TNI AU telah tumbuh menjadi organisasi militer yang semakin modern dan dicintai oleh rakyat," katanya seperti dikutip ANTARA.

 

1. Komitmen TNI AU di HUT ke-77

Panglima: TNI AU Tumbuh Menjadi Organisasi Militer yang Kian Modern Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri (tengah) berjoged bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kanan), Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kiri) saat peringatan HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023). Peringatan HUT ke-77 TNI AU tersebut mengangkat tema "Profesional, Tangguh dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

TNI AU menggelar upacara parade dan defile dalam rangka peringatan HUT ke-77 TNI AU dengan mengusung tema, profesional, modern, dan tangguh, sebagai Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

"Tema ini menunjukkan komitmen TNI AU untuk terus selalu meningkatkan kemampuannya dalam rangka menghadapi spektrum ancaman yang kompleks," tegasnya.

Baca Juga: 9 April HUT TNI Angkatan Udara: Awal Sejarahnya

2. TNI AU diminta bersiap di tengah ketidakpastian dunia

Panglima: TNI AU Tumbuh Menjadi Organisasi Militer yang Kian Modern Atraksi pesawat F-16 saat peringatan HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023). Peringatan HUT ke-77 TNI AU tersebut mengangkat tema "Profesional, Tangguh dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Yudo juga mengingatkan bahwa saat ini situasi dunia sedang menghadapi tantangan berat setelah pandemik COVID-19 mereda.

Dunia sedang ditempa krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial. Perang Rusia-Ukraina pun semakin memperkeruh situasi geopolitik dunia yang penuh dengan ketidakpastian dan semakin memanas.

"TNI AU, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Tentara Nasional Indonesia, harus bisa beradaptasi dan bersiap dengan berbagai kemungkinan skenario," ucapnya.

3. TNI AU diharapkan bisa disegani di kawasan

Panglima: TNI AU Tumbuh Menjadi Organisasi Militer yang Kian Modern Atraksi pesawat F-16 membentuk angka 77 saat peringatan HUT ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023). Peringatan HUT ke-77 TNI AU tersebut mengangkat tema "Profesional, Tangguh dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Selain itu, Yudo berpesan untuk semua personel agar mewujudkan TNI AU yang tangguh mulai dari diri sendiri, menumbuhkan kebanggaan, semangat juang, kehormatan, sehingga menjadi pribadi yang pantang menyerah dan selalu menjadi bagian dari solusi.

"Saya yakin TNI AU akan mampu menjadi kekuatan udara yang disegani di kawasan, kekuatan yang mampu menjaga dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah setiap saat," ujar Yudo.

Baca Juga: Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara saat HUT ke 77 TNI AU

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya