Comscore Tracker

Kisah dari Timur Indonesia, Rayakan HUT ke-75 RI di Hutan Bakau

Mereka juga menginisiasi bersih-bersih pantai di Jayapura

Jakarta, IDN Times - Komunitas Rumah Bakau Jayapura memilih cara yang unik untuk merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia hari ini. Abdel Gamel Naser, pendiri komunitas Rumah Bakau Jayapura, mengatakan akan menggelar upacara bendera HUT ke-75 Kemerdekaan RI di hutan bakau Entrop.

Upacara di hutan bakau yang terletak di Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura itu akan melibatkan sejumlah anak muda dari berbagai kampus ternama di ibu kota Provinsi Papua, salah satunya Universitas Cenderawasih (Uncen).

"Mungkin upacara di tengah bakau ini yang pertama kali dilakukan di Papua, selain di Asmat yang dilakukan di atas papan. Tapi sebenarnya pesan yang mau disampaikan adalah cinta Tanah Air dan jiwa patriotisme di tengah HUT Kemerdekaan yang disandingkan dengan gaya perjuangan masa kini, melestarikan dan melindungi alam dan hutan dengan cara kami, cara anak muda Papua," kata Gamel seperti dikutip ANTARA, Senin (17/8/2020).

1. Komunitas Rumah Bakau dan relawan akan melalukan aksi bersih-bersih pantai

Kisah dari Timur Indonesia, Rayakan HUT ke-75 RI di Hutan BakauMahasiswa dan anggota rumah bakau Jayapura menggelar upacara HUT ke-73 RI di hutan bakau Entrop, Kota Jayapura (ANTARA/HO-Rumah Bakau Jayapura)

Sebelumnya, Komunitas Rumah Bakau Jayapura juga menginisiasi aksi bersih-bersih pantai Hamadi-Holtekam sejauh satu kilometer pada 12 Agustus 2020, membagikan seribu masker guna mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19, dan membentangkan bendera merah putih pada 15 Agustus 2020.

Dengan tagline "Aksi cinta Tanah Air dan rehabilitasi mangrove dengan menanam 1.000 bibit pohon", aksi yang dilakukan tak jauh dari areal tersebut bekerja sama dengan Pemuda Panca Marga Provinsi Papua dan Pemuda Merah Putih Solo, Surakarta.

Baca Juga: Kisah Kakek Asiman, Pejuang Kemerdekaan yang Kini Jadi Pedagang Mainan

2. Komunitas rumah bakau selalu membuat acar tentang peduli lingkungan

Kisah dari Timur Indonesia, Rayakan HUT ke-75 RI di Hutan BakauRelawan rumah bakau Jayapura gelar aksi teatrikal peduli sampah di Kota Jayapura (ANTARA/HO-Rumah Bakau Jayapura)

Pada Agustus 2019, mereka ikut meramaikan dan melempar gagasan dalam pelaksanaan festival atau parade budaya yang digelar oleh Pemerintah Kota Jayapura di lapangan Trisila milik Lantamal X Jayapura. Dalam kegiatan ini, kelompok pemuda dalam komunitas yang bermarkas di Hanyaan Entrop itu, menampilkan sebuah boneka yang tidak tersenyum dan aksi teatrikal.

Dalam aksi itu, sejumlah anak muda yang tertutup plastik dan botol bekas berjalan sejauh kurang lebih tiga hingga empat kilometer, tepatnya dari kompleks PTC Entrop menuju lapangan Trisila.

"Di sini kami sampaikan salam kepada Pak Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano kepada pengunjung terkait sampah plastik dan kebersihan lingkungan yang menjadi ancaman bersama, sehingga perlu perhatian serius dalam penanganannya," tutur Gamel.

3. Komunitas rumah bakau juga membentangkan bendera merah putuh sejauh satu kilometer

Kisah dari Timur Indonesia, Rayakan HUT ke-75 RI di Hutan BakauRelawan rumah bakau Jayapura bentangkan bendera merah putih sepanjang satu kilometer (ANTARA/HO-Rumah Bakau Jayapura)

Kemudian, guna menyambut dan menyemarakkan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, RB Jayapura menginisiasi aksi bersih-bersih pantai Hamadi-Holtekam sejauh satu kilometer, membagikan seribuan masker dan bendera merah putih.

Aksi mereka bekerja sama dengan Pemuda Panca Marga Provinsi Papua dan Pemuda Merah Putih asal Solo yang sengaja datang untuk melihat perayaan menyambut HUT Proklamasi di ujung timur Indonesia itu.

"Dan kegiatan hari ini, yakni pembentangan bendera merah putih sepanjang satu kilometer serta penancapan 100 lembar bendera di bibir pantai Hamadi-Holtekam, juga merupakan ide atau gagasan dari RB Jayapura, tapi yang melaksanakannya adalah Pemuda Panca Marga dibantu sejumlah komunitas atau organisasi lainnya, seperti Menwa dari kampus Uncen Jayapura," ujar Gamel.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Upacara HUT ke-75 RI di Istana saat Pandemik, Apa Saja Bedanya?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya