Rafka Bocah Obesitas 126 Kg di Bekasi Meninggal Dunia

Rafka mengalami pembengkakan jantung dan paru-paru

Bekasi, IDN Times - Rafka Adi Putra, bocah 11 tahun yang mengalami obesitas dengan berat badan mencapai 126 kg meninggal dunia. Rafka meninggal dunia saat dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi. 

Kakak Rafka, Sadiah mengatakan, adiknya meninggal dunia pada Minggu, 20 Maret 2022 sekira pukul 4.00 WIB di RSUD Kabupaten Bekasi. 

"Innalillahi wainnailaihi raaji'un, telah meninggal dengan tenang, Adik kami, Rafka Adi Putra, Rafka Adi Putra bin Samin," kata Sadiah kepada wartawan, Senin (21/4/2022). 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak, Orangtua Harus Paham

1. Rafka sempat masuk ICU

Rafka Bocah Obesitas 126 Kg di Bekasi Meninggal DuniaBocah bernama Rafka Adi Putra berusia 11 tahun mengalami kelebihan berat badan hingga mencapai 115 Kilogram. (IDN Times/Imam Faishal)

Sebelum menghebuskan napas terakhirnya pada Sabtu (19/3/2022) malam, Rafka sempat dirawat di ruangan Intensif Care Unit (ICU) karena kesulitan bernapas. Namun, lanjut Sadiah, Rafka selalu mencopot alat bantu oksigen.

"Masuk ruang ICU Sabtu malam. Kalau yang dikeluhkan itu gak ada sih, ya paling napasnya mulai sesak, udah itu aja. Napasnya itu sesak, cuman ya itu, dia gak mau kalau dipasang alat bantu oksigen, kalau dipasang pasti dicabut sama dia," ujar perempuan 30 tahun itu.

2. Rafka sempat dirawat tiga hari di rumah sakit

Rafka Bocah Obesitas 126 Kg di Bekasi Meninggal DuniaKondisi Rafka saat menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Bekasi (Istimewa)

Rafka yang merupakan warga Kampung Blendung, Desa Kedung Pengawas, Kecamatan Babelan ini sempat mendapatkan perawatan sejak Kamis, 17 Maret 2022. Saat masih perawatan, Rafka sudah menunjukan sedikit perubahan seperti buang air besar mulai lancar. 

"Selama dirawat sudah ada sedikit perubahan kalau dari BAB sudah lancar, walau memang berat badan tidak berkurang, tapi bagian perutnya sekarang sudah gak sekeras dulu lagi," jelas Sadiah. 

Baca Juga: Bocah di Bekasi Alami Obesitas, Beratnya Sampai 115 Kg

3. Rafka mengalami pembengkakan jantung dan gejala sakit paru-paru

Rafka Bocah Obesitas 126 Kg di Bekasi Meninggal DuniaBocah bernama Rafka Adi Putra berusia 11 tahun mengalami kelebihan berat badan hingga mencapai 115 Kilogram. (IDN Times/Imam Faishal)

Menurut keterangan dokter, kata Sadiah, Rafka mengalami kelengkapan pada jantungnya. Rafka juga mengalami gejala sakit paru-paru. 

"Kalau dari dokter kabarnya Rafka jantungnya ada pembengkakan, dan ada gejala paru-paru juga" kata dia. 

Rafka juga sudah tidak kuat lagi berjalan jauh dan terlalu lama berdiri,  serta tidak dapat menggunakan baju dan hanya menggunakan sarung untuk menutupi tubuhnya.

Untuk aktivitas sehari-hari di rumah, Rafka hanya bisa duduk di kursi ruang tamu. 

"Udah gak bisa pakai kaus lagi, udah gak ada yang muat, hanya pakai sarung aja. Dia nyesek kalau pakai baju," kata ayah Rafka, Samin, kepada wartawan, Jumat, 11 Maret 2022. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya