Comscore Tracker

Bukan cuma Juliari Batubara, Mensos-Mensos Ini juga Kena Kasus Korupsi

Juliari Batubara sudah menyerahkan diri ke KPK

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menyerahkan diri ke KPK pada Minggu (12/6/2020) dini hari. Hal ini menyusul penetapannya sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi program bantuan sosial (Bansos) COVID-19.

Namun, Juliari ternyata bukan satu-satunya menteri sosial Indonesia yang terlibat kasus korupsi. Sebelumnya, sudah ada dua mensos yang ditangkap KPK. Siapa saja mereka? 

1. Bachtiar Chamsyah

Bukan cuma Juliari Batubara, Mensos-Mensos Ini juga Kena Kasus KorupsiBachtiar Chamsyah (Website/acch.kpk.go.id)

Bachtiar Chamsyah merupakan Menteri Sosial RI periode 2001-2009 di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). KPK menterapkan Bachtiar sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan sapi impor, mesin jahit, serta sarung untuk fakir miskin dan korban bencana pada kurun waktu 2004-2006.

Mengutip dari laman Anti-Corruption Clearing House (acch.kpk.go.id), dia ditetapkan sebagai tersangka pada Agustus 2010. Kerugian negara dari korupsi di ketiga proyek tersebut mencapai lebih kurang Rp38,6 miliiar.

Politikus PPP ini dijatuhi pidana 1 tahun 8 bulan dan denda sebesar Rp50 juta subsidair pidana kurungan selama 3 bulan.

Baca Juga: [WANSUS] Mensos Juliari: Diminta Jadi Menteri, Saya Gak Terlalu 'Wow'

2. Idrus Marham

Bukan cuma Juliari Batubara, Mensos-Mensos Ini juga Kena Kasus KorupsiANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

KPK menahan Idrus Marham yang kala itu menjabat sebagai Menteri Sosial pada Agustus 2018 lalu. Idrus tersandung kasus suap kesepakatan kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

Kala itu, Idrus ditahan usai menjalani pemeriksaan kasusnya. Politikus Golkar ini mundur sebagai Menteri Sosial kabinet Indonesia Kerja yang dipimpin presiden Joko "Jokowi" Widodo di periode pertama jabatannya.

Pada April 2019, Idrus divonis tiga tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat. Proses hukum yang dijalani Idrus berlangsung panjang dengan menempuh pengadilan banding dan kasasi.

Idrus akhirnya menerima vonis 2 tahun penjara dalam kasasi di Mahkamah Agung (MA), setelah dalam proses banding, vonis sempat naik menjadi 5 tahun penjara. Idrus terbukti bersalah dengan menerima suap senilai Rp2,25 miliar.

3. Juliari Batubara

Bukan cuma Juliari Batubara, Mensos-Mensos Ini juga Kena Kasus KorupsiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Politikus PDIP, Juliari Batubara dipercaya Jokowi menjadi Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju dalam periode kedua pemerintahannya.

KPK pada Sabtu (5/12/2020), KPK menahan enam orang dan menetapkan lima tersangka. Menjadi salah satu yang ditetapkan sebagai tersangka, Juliari Batubara akhirnya menyerahkan diri dini hari tadi.

Juliari diduga ikut menerima fee penyaluran paket bansos berupa sembako. Berdasarkan keterangan Ketua KPK, Komjen (Pol) Firli Bahuri, dua pejabat pembuat komitmen (PPK) yang ditunjuk oleh Juliari memungut Rp10 ribu per paket sembako. Juliari diduga menerima suap dari fee pembagian paket sembako secara total mencapai Rp17 miliar. 

"Pada pelaksanaan paket bansos sembako periode pertama diduga terima fee Rp12 miliar yang pembagiannya diberikan secara tunai oleh MJS (Matheus Joko Santoso) kepada JPB (Juliari Peter Batubara) melalui AW (Adi Wahyono) dengan nilai sekitar Rp8,2 miliar," ungkap Firli ketika memberikan keterangan pers pada Minggu dini hari (6/12/2020). 

Baca Juga: Mensos Trending Topic, Warganet: Merasa Dosa Gak Sama Pasien COVID-19?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya