Baznas Target Kumpulkan Dana ZIS Rp7 Triliun di Ramadhan 2022

Target ZIS dikumpulkan dari seluruh kantor Baznas dan LAZ

Jakarta, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan dapat mengumpulkan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp7 triliun pada Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi. Ketua Ketua Noor Achmad mengatakan dana tersebut akan dikumpulkan dari Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia.

"Dari target Rp7 triliun itu, berasal dari Rp300 miliar Baznas Pusat, kemudian lainnya dari Baznas daerah dan LAZ," ujar Noor Achmad dalam konferensi pers virtual, Rabu (9/3/2022).

Noor Achmad menjelaskan, tema program Ramadhan Baznas tahun ini adalah 'Cinta Zakat Mensejahterakan Umat'. Para muzaki (orang yang mengeluarkan zakat) bisa menyalurkan dana ZIS ke Baznas melalui berbagai kanal digital, seperti transfer bank dan juga e-commerce.

Selain itu, para muzaki juga bisa datang langsung ke lebih dari 120 gerai Baznas yang tersedia di mal, kantor Baznas serta instansi pemerintahan atau BUMN untuk menyalurkan dana ZIS.

Baca Juga: Pemerintah-Baznas Bersinergi Tangani Pandemik COVID-19 di RI

1. Ada 13 program Ramadhan dari Baznas

Baznas Target Kumpulkan Dana ZIS Rp7 Triliun di Ramadhan 2022Baznas Bantu UMKM. (dok. Baznas)

Dalam kesempatan itu, Noor Achmad menjelaskan ada 13 program Ramadhan. Belasan program itu akan menyasar 265 ribu mustahik atau orang yang layak menerima bantuan.

"Ada 13 program yang telah kami siapkan untuk Ramadhan tahun ini, di antaranya Paket Logistik Keluarga, Bank Makanan, Renovasi Rutilahu, Bedah Mushala, Teras Sehat Pesantren, Penyaluran Zakat Fitrah, Pembiayaan Mikro, Sapa Mustahik, Beasiswa Persiapan Kedinasan, pemberdayaan bengkel Z-Auto, Respons Darurat Mustahik, Pemberian Usaha ZChicken, Pembiayaan Mikro, dan Program ZMart," kata Noor Achmad.

Baca Juga: Baznas: Tren Berzakat 2021 Didominasi Millennial

2. Ada juga program beasiswa

Baznas Target Kumpulkan Dana ZIS Rp7 Triliun di Ramadhan 2022Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Noor menjelaskan, Baznas juga melakukan kerja sama dengan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) dalam bentuk penyaluran sembako. Selain itu, ada juga beasiswa yang akan diberikan kepada para siswa.

"Bukan hanya ekonomi, dunia pendidikan kita juga mendapat kabar baik. Yaitu dengan peluncuran program 17 ribu beasiswa kerja sama Baznas dan BUMN," katanya.

3. Baznas buat program Interactive Voice Response (IVR) Ramadhan

Baznas Target Kumpulkan Dana ZIS Rp7 Triliun di Ramadhan 2022Konferensi pers Baznas Award 2022 pada Senin (17/1/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Noor mengatakan Baznas juga memiliki program baru, yakni Interactive Voice Response (IVR) Ramadhan. IVR akan menghubungi para mustahik selama satu menit melalui panggilan telepon.

"Baznas juga memiliki program baru bernama Interactive Voice Response (IVR) Ramadhan, yakni sistem panggilan suara otomatis dari nomor kantor BAZNAS, dengan durasi satu menit yang akan dikirimkan kepada muzaki Baznas. IVR ini akan disampaikan kepada muzaki dalam dua waktu berbeda, yakni ketika sahur sebagai pengingat sahur dan penyampaian hadist sebelum adzan Magrib," katanya.

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya