AHY Dikabarkan Akan Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Kata Demokrat

Anggota Komisi II dengar AHY bakal isi kursi Menteri ATR

Jakarta, IDN Times - Nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), santer dikabarkan akan dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) pada Rabu (21/2/2024). Pelantikan AHY mengambil momentum bersamaan pengisian kursi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan yang ditinggalkan oleh Mahfud MD.

Menteri ATR aktif, Hadi Tjahjanto, dikabarkan akan mengisi kursi Menko Polhukam. Seorang pejabat tinggi di Kemenko Polhukam pun tak menampik Hadi bakal menggantikan Mahfud. 

Ketika dikonfirmasi kepada Partai Demokrat, Juru Bicara Herzaky Mahendra Putra tak membantah atau membenarkan bahwa AHY akan dilantik sebagai Menteri pada Rabu esok. Ia hanya menyebut bahwa kocok ulang atau reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden. 

"Tetapi, jika negara memanggil, Mas AHY siap memenuhi panggilan tugas dari negara. Namanya prajurit, Beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," ujar Herzaky kepada IDN Times melalui pesan pendek, Selasa (20/2/2024). 

Ia menambahkan, dulu AHY berkarier di dunia militer hingga pangkat mayor. Tetapi, kini ia aktif di dunia politik. 

"Ke depannya, tentu Beliau selalu siap memenuhi panggilan tugas untuk bangsa dan negara," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Temani Prabowo Pantau Quick Count, AHY: InsyaAllah Dapat Kabar Baik

1. Anggota Komisi II dengar AHY bakal isi kursi Menteri ATR

AHY Dikabarkan Akan Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Kata DemokratAnggota komisi II DPR RI dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus. (www.dpr.go.id)

Konfirmasi bahwa AHY bakal mengisi kursi Menteri ATR disampaikan oleh anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus. Ia pun menilai tidak ada yang keliru bila Demokrat akhirnya mendapatkan kursi di dalam Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebab, akhirnya Partai Demokrat resmi mendukung paslon Prabowo-Gibran yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Partai Demokrat jadi satu-satunya parpol yang belum mendapat jatah kursi menteri di kabinet usai mendukung pemerintahan Jokowi. 

"Jabatan Menteri ATR/BPN menjadi kosong, dan informasi yang saya dapatkan benar bahwa yang bakal mengisinya AHY. Mengapa AHY? Karena sekarang ini sudah bagian daripada pemerintahan Jokowi dengan mendukung paslon nomor urut dua," ujar Guspardi di dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Komisi II sendiri diketahui merupakan mitra dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Guspardi pun menilai pemberian jatah kursi menteri kepada Demokrat merupakan hak prerogatif Presiden. 

"Jadi, wajar-wajar saja bila Pak Jokowi memberikan peluang kepada Ketua Umum Demokrat untuk mengisi jabatan tersebut," tutur dia lagi. 

Baca Juga: AHY: Perekonomian Makin Tumbuh Bila Indonesia Dipimpin Prabowo-Gibran

2. Kursi menteri akhirnya diberikan ke Demokrat usai AHY gowes bersama Jokowi

AHY Dikabarkan Akan Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Kata DemokratPresiden Jokowi dan Ketum Demokrat AHY bertemu di Yogya (Instagram @agusyudhoyono)

Informasi bahwa AHY akhirnya merapat ke pemerintahan Jokowi terjadi usai mantan prajurit TNI itu bertemu Jokowi di Yogyakarta pada 28 Januari 2024 lalu.

Keduanya bertemu saat sepedaan di Alun-alun Utara, Yogya. "Tadi pagi pada waktu sepedaan, Bapak Presiden bertemu dengan Mas AHY di Alun-alun Utara. Lanjut sama-sama ke Gudeg Yu Djum di daerah Wijilan untuk sarapan," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui keterangan tertulis. 

Ari menyebutkan, pertemuan tersebut berlangsung dalam suasana informal, rileks sambil sarapan. "Presiden bertemu dengan tokoh-tokoh politik adalah hal yang biasa. Apalagi itu dilakukan di hari libur dalam suasana informal," katanya lagi. 

3. AHY sempat diisukan mengisi kursi Menteri Pertanian

AHY Dikabarkan Akan Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Kata DemokratKetum Partai Demokrat, AHY bersama istri, Annisa Pohan mencoblos di TPS 101, Cipete Utara pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Iglo Montana)

Sebelum dikabarkan menduduki posisi kursi Menteri ATR, AHY pada 2023 lalu juga santer diisukan akan menjadi Menteri Pertanian. Hal itu terjadi tak lama usai ia tiba-tiba mengunggah foto dirinya di media sosial tengah memetik apel Malang. Apalagi momen tersebut juga terjadi usai pertemuan antara Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi. 

Saat itu, kursi Mentan kosong, karena Syahrul Yasin Limpo (SYL) ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, AHY membantah pernah ada  pembicaraan soal tawaran kursi di Kabinet Indonesia Maju (KIM). 

"Oh, gak ada. Saya memang mengikuti, beredar rumor di masyarakat, tetapi tidak ada itu. Tidak ada pembahasan tentang itu (tawaran kursi Mentan)," ujar AHY kepada media di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Oktober 2023 lalu. 

Akhirnya Jokowi melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian. 

https://www.youtube.com/embed/eZG5TLOU5xE

Baca Juga: AHY Puji Presiden Jokowi karena Berhasil Jaga Ekonomi RI Tetap Stabil

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya