Comscore Tracker

Menteri Bappenas: Protokol New Normal Tidak Rumit

Suharso minta masyarakat adaptasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa meminta masyarakat bersiap menyambut tatanan new normal atau normal baru. Ia mengatakan protokol dalam normal baru tak serumit seperti yang ada di benak masyarakat.

Suharso bahkan mengatakan kehidupan di era normal baru sudah sering dilakukan masyarakat, seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Kebiasaan baru ini bukanlah sesuatu yang rumit, sebenarnya telah kita praktikan pada hari-hari terakhir," kata Suharso dalam video di channel YouTube BNPB Indonesia, Selasa (2/6).

1. Suharso mengatakan masyarakat akan beradaptasi dengan kehidupan new normal

Menteri Bappenas: Protokol New Normal Tidak RumitMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa (IDN Times/Kevin Handoko)

Menurut Suharso, selama ini masyarakat sudah beradaptasi dengan melakukan jaga jarak fisik selama pandemik virus corona menyerang. Sehingga, tradisi yang dilakukan masyarakat beberapa bulan terakhir akan mempermudah saat new normal diterapkan.

"Tradisi atau kebiasaan baru ini adalah keniscayaan, sebuah kemestian ketika kita akan beradaptasi dengan kehidupan yang bersama-sama COVID-19, untuk apa? Untuk mencegah agar penularannya tak semakin meluas, agar penularannya tidak semakin naik," ujar dia.

2. Di setiap tempat akan miliki protokol yang berbeda-beda

Menteri Bappenas: Protokol New Normal Tidak Rumit(IDN Times/Kevin Handoko)

Suharso lalu mengatakan bahwa protokol yang dilakukan masyarakat selama ini tidaklah rumit. Setiap tempat, lajut dia, akan memiliki protokol new normal masing-masing.

"Di setiap tempat-tempat kerumunan atau tempat-tempat ibadah, seperti masjid, gereja, wihara, itu pasti mempunyai ketentuan-ketentuannya tersendiri," tuturnya.

3. Suharso menyarankan masyarakat rajin jalankan protokol kesehatan

Menteri Bappenas: Protokol New Normal Tidak RumitIDN Times/Debbie Sutrisno

Meski masyarakat sudah terbiasa, namun Suharso tetap berharap agar wabah virus corona bisa cepat dikendalikan. Ia pun meminta masyarakat bersama-sama jalankan protokol kesehatan agar penyebaran COVID-19 bisa dikendalikan.

"Setiap orang diminta untuk bersama berpartisipasi mengambil peranan sekecil apa pun, dan yang terkecil itulah menggunakan masker, tak bosan cuci tangan dan jangan lupa untuk menjaga jarak dengan orang di sekitarnya itu penting," jelas Suharso.

Baca Juga: Ini Skenario Terburuk Jika Indonesia Memaksa Terapkan New Normal

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya