5 Fakta Unik tentang Stan Lee, Tokoh di Balik Marvel Comics

Pernah buat karakter di DC Comics juga

Jakarta, IDN Times – Keluarga besar Marvel Comics tengah berduka. Stan Lee yang merupakan sosok di balik nama besar Marvel meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit dalam beberapa tahun terakhir. Stan Lee menutup usianya pada usia 95 tahun.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Stan Lee:

1. Stan Lee anak seorang tukang potong pakaian

5 Fakta Unik tentang Stan Lee, Tokoh di Balik Marvel Comicscodigoespagueti.com

Sebagai komikus nomor satu di Marvel Comics, Ia lahir pada 28 Desember 1922 dan berasal dari keluarga sederhana. Ia tinggal bersama ayahnya dalam satu kamar kecil di sebuah apartemen. Jack Lieber yang merupakan ayah dari Stan Lee hanya bekerja sebagai pemotong pakaian.

Baca Juga: Stan Lee, Komikus Marvel Comics Meninggal Dunia

2. Pencipta superhero Marvel

5 Fakta Unik tentang Stan Lee, Tokoh di Balik Marvel Comicsexpress.co.uk

Hampir semua orang tahu bahwa Stan Lee merupakan pencipta hampir seluruh superhero di Marvel Comics. Selain itu ia juga bekerja sama dengan seniman lainnya termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko. 

Karyanya yang hingga kini dapat kita nikmati adalah The Hulk, Spider-Man, Iron Man, Thor, Doctor Strange, X-Men, Daredevil, Fantastic Four, Avengers, hingga Ant-Man.

3. Memerankan Cameo di semua film Marvel

5 Fakta Unik tentang Stan Lee, Tokoh di Balik Marvel Comicsinstagram.com/multifandomshd/

Stan kerap muncul di berbagai film superhero Marvel. Ia muncul sebagai cameo. Di film sekuel Avengers terakhir ia berperan sebagai sopir bus sekolah yang sedang mengantarkan Peter Parker dan juga teman – temannya saat pulang dari studi tur. Tak hanya di film layar lebar ia juga tampil di berbagai film kartun Spiderman.

4. Meraih 10 penghargaan

5 Fakta Unik tentang Stan Lee, Tokoh di Balik Marvel Comicswdwnt.com

Tak heran bila Stan Lee mendapatkan sederet penghargaan atas dedikasinya untuk Marvel Comics.

Tercatat dalam sepanjang hidupnya, Stan meraih 10 penghargaan yakni The Will Eisner Award Hall of Frame (1994), Saturn Award (2002), Scream Award (2009), Producers Guild of America (2012), dan National Academy of Video Game Trade Reviewers (2017).

5. Pencipta komik DC

5 Fakta Unik tentang Stan Lee, Tokoh di Balik Marvel Comicstwitter.com/justiceleaguewb

Tak banyak orang tahu, selain pencipta Marvel Comics, Stan Lee rupanya juga pembuat komik superhero kompetitor Marvel, yakni DC Comics

Sejak menulis komik untuk DC pada tahun 2001, Stan Lee juga menulis cerita dari karakter superhero DC yang sudah ada sebelumnya. Stan Lee melakukan sedikit modifikasi pada karakter-karakter tersebut. Karakter-karakter itu masuk ke dalam The Multiversity, tepatnya di Earth 6 DC Comics.

Baca Juga: Selamat Jalan Stan Lee, 9 Potret Perjalanan Karier Bapak Marvel

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya