Panduan Lengkap Penerimaan Calon Anggota Polri 2024

Pendaftaran calon anggota Polri gratis/tidak dipungut biaya

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) resmi membuka pendaftaran anggota Polri 2024 jalur Taruna Akpol, Bintara Polri, dan Tamtama Polri. Penerimaan anggota Polri 2024 ini tidak dipungut biaya alias gratis. 

Jadwal pendaftaran Akpol sudah dibuka sejak 26 Maret hingga 19 April 2024, kemudian pendaftaran Bintara dan Tamtama Polri berlangsung mulai 4 April hingga 25 April 2024.

Berikut merupakan persyaratan umum, cara pendaftaran online, dan informasi lainnya yang dapat diakses lebih lengkap, melalui link website penerimaan.polri.go.id.

1. Persyaratan umum dan cara pendaftaran online

Panduan Lengkap Penerimaan Calon Anggota Polri 2024Rekrutmen Pendaftaran Calon Anggota Polri jalur Akpol 2024 (instagram/@rekrutmen_polri)

Berikut merupakan syarat umum sesuai Pasal 21 (1) UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  5. Berumur paling rendah 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri
  6. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK)
  7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela

Baca Juga: Polri Catat Pelanggaran ETLE Meningkat 15 Persen Selama Libur Lebaran

2. Tata cara pendaftaran online jalur Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri

Panduan Lengkap Penerimaan Calon Anggota Polri 2024Rekrutmen Pendaftaran Calon Anggota Polri jalur Bintara 2024 (instagram/@rekrutmen_polri)

Berikut tata cara pendaftaran online sesuai jalur Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri :

  1. Pendaftar membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website
    penerimaan.polri.go.id
  2. pendaftar memilih jenis seleksi Taruna/i Akpol atau Bintara Polri atau Tamtama Polri pada halaman utama website (apabila peserta mengalami kesulitan dapat dibantu oleh panitia daerah)
  3. Mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil, identitas orang tua dan keterangan lain sesuai format dalam website
  4. Pendaftar wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online, mengecek dengan teliti data yang dimasukkan dalam form registrasi
  5. Setelah berhasil mengisi form registrasi online selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password, yang selanjutnya digunakan untuk melakukan login menuju halaman dashboard pendaftar (berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar) serta upload berkas
    pendaftaran yang disediakan
  6. Pendaftar akan mendapat cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polres
  7. Batas waktu verifikasi data pendaftar terhitung selama pendaftaran online berlangsung sesuai jadwal pendaftaran dan tidak ada toleransi perpanjangan.

Baca Juga: Pria di Depok Menipu hingga Rp1,6 Miliar, Janjikan Lolos Seleksi Akpol

3. Seputar rekrutmen masing-masing jalur Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri

Panduan Lengkap Penerimaan Calon Anggota Polri 2024Rekrutmen Pendaftaran Calon Anggota Polri jalur Tamtama 2024 (instagram/@rekrutmen_polri)

Mengutip dari link website penerimaan.polri.go.id, rekrutmen calon anggota Polri tidak diperbolehkan untuk dilakukan pada lebih dari 1 jalur seleksi. Jika sudah memilih jalur akpol maka tidak bisa mendaftar bintara polri atau tamtama polri (berlaku sebaliknya).

  • Rekrutmen Akpol 2024

Rekrutmen jalur Akpol 2024 merupakan penerimaan calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) melalui pendidikan pembentukan Taruna/i Akpol yang dimulai pada 2 Agustus 2024 selama 4 tahun.

Ujian/pemeriksaan dan tempat pendidikan Taruna/i Akpol diselenggarakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda dan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.

  • Rekrutmen Bintara Polri 2024

Rekrutmen jalur Bintara Polri merupakan penerimaan calon untuk menjadi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar Kepolisian, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana utama tugas Polri. 

Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polres/Polda dengan kuota didik sesuai DIPA sebanyak 12.800 orang. Pendidikan calon Bintara Polri dimulai pada 22 Juli 2024 hingga 18 Desember 2024 selama 5 bulan, yang diadakan di SPN Polda untuk Bintara PTU, Bakomsus, dan Bintara Rekpro pria, Sepolwan untuk Bintara PTU, Bakomsus, dan Bintara Rekpro wanita.

  • Rekrutmen Tamtama Polri 2024

Rekrutmen jalur Tamtama Polri 2024 merupakan penerimaan calon Tamtama Polri untuk menjadi Tamtama Polri dengan pangkat Bhayangkara Dua (Bharada) melalui pendidikan pembentukan Tamtama Polri yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar Kepolisian, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana utama tugas Polri. 

Pendaftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polres/Polda dengan kuota didik sesuai DIPA sebanyak 1.600 orang. Pendidikan calon Tamtara Polri dimulai pada tanggal 22 Juli 2024 hingga 18 Desember 2024 selama 5 bulan yang diadakan di Pusdik Sabhara Polri dan SPN Polda Kalsel.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya