HAN 2021: Menteri PPPA Serukan Pemenuhan Hak Anak di Masa Pandemik

Para orang tua jangan lelah berikan motivasi pada anak

Jakarta, IDN Times - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini dilaksanakan masih dalam suasana pandemik COVID-19. Mengusung tema HAN 2021 “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia berpartisipasi dalam menjamin pemenuhan hak-hak anak, serta memberikan perlindungan bagi anak dari kekerasan dan diskriminasi.

"Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” kata Bintang pada Konferensi Pers Hari Anak Nasional (HAN) 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (22/7/2021).

1. Kementerian dengarkan harapan dan kendala anak

HAN 2021: Menteri PPPA Serukan Pemenuhan Hak Anak di Masa PandemikMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga dalam Press Conference Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 secara virtual, Kamis (22/7/2021) (Dok. KemenPPPA)

Dia berharap Peringatan HAN 2021 yang dikemas secara online bisa menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia, termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK).

Hal yang istimewa pada HAN 2021 kata Bintang adalah pihaknya bisa mendengarkan dan berdialog secara virtual dengan anak-anak Indonesia terkait keinginan, harapan, dan kendala yang mereka alami melalui Suara Anak Indonesia (SAI).

“Pada tahun-tahun sebelumnya kita hanya hanya mendengarkan rangkuman SAI secara berjenjang, mulai dari tingkat desa. Namun, tahun ini kita mendengarkan SAI secara langsung. Tidak hanya berdialog dengan FAN, kami juga berdialog dengan anak-anak berkebutuhan khusus, anak terlantar, anak korban teroris, dan anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” kata dia.

Baca Juga: Waspada! Varian Baru COVID-19 Ancam Anak-anak dan Remaja

2. KemenPPPA lakukan rangkaian peringatan HAN 2021

HAN 2021: Menteri PPPA Serukan Pemenuhan Hak Anak di Masa PandemikIlustrasi anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

KemenPPPA telah makukan serangkaian kegiatan dalam Peringatan HAN 2021, diantaranya mendengarkan Suara Anak Indonesia (SAI), edukasi bagi orangtua tentang pengasuhan, dialog dengan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK), edukasi pada anak untuk menanamkan sifat jujur bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu ada juga pemberian paket pemenuhan kebutuhan spesifik bagi anak yang membutuhkan, peningkatan gizi anak melalui Gemar Makan Ikan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta bekerja sama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol menyelenggarakan Wisata Edukasi Virtual ke Seaworld dan Dunia Fantasi.

3. Bintang berharap orang tua tetap beri semangat untuk anak walau hanya di rumah

HAN 2021: Menteri PPPA Serukan Pemenuhan Hak Anak di Masa PandemikBelajar bersama anak-anak (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pada Puncak Peringatan HAN 2021, selain adanya pesan dari Presiden, Joko "Jokowi" Widodo untuk seluruh anak Indonesia, Presiden RI Ke-5 sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri juga akan memberikan pesan kepada anak-anak untuk lebih cinta tanah air dan memperkuat wawasan kebangsaan. Selain itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan memberikan hadiah remisi bagi anak-anak yang sedang menjalani pembinaan.

"Saya berharap di masa pandemi orang tua agar terus memberikan pendampingan dan motivasi bagi anak-anak untuk tetap semangat, kreatif, dan inovatif walaupun di rumah. Saya juga berpesan agar para orangtua sebagai pendamping selain memberikan yang terbaik bagi anak-anak, harus terus menaati protokol kesehatan, serta mengedukasikannya kepada anak-anak dalam momentum Peringatan HAN 2021,” ujarnya.

Baca Juga: Menteri PPPA: Risiko Pekerja Anak Meningkat di Tengah Pandemik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya